Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Edy Santosa Tekankan Pengelolaan Kebudayaan Yang Maksimal Jadi Potensi Pariwisata

Merauke | suaraburuhnasional.com - Salah satu pelaku budaya kesenian Jaranan Buto TERONGGO BUDOYO Kampung Yabamaru, Distrik Tanah Miring men...




Merauke | suaraburuhnasional.com - Salah satu pelaku budaya kesenian Jaranan Buto TERONGGO BUDOYO Kampung Yabamaru, Distrik Tanah Miring mengundang calon Wakil Bupati Merauke, Edy Santosa dalam pergelaran budaya kesenian Jawa Timur, Minggu (01/11/2020).

Kehadiran Edy Santosa dalam pergelaran budaya tersebut disambut baik oleh Ketua Kesenian Jaranan Buto TENGGO BUDAYA, Suyono.  Suyono mengatakan bahwa, selama ini perhatian terhadap pelaku budaya oleh pemerintah kurang maksimal. Sehingga di setiap pergelaran masih menggunakan dana sendiri baik itu untuk membeli alat kesenian maupun dalam sekali pergelaran.
 
“Selama ini, alat kesenian dan pergelaran acara masih menggunakan dana sendiri. Padahal kesenian ini, sendiri bisa mengobati rasa rindu kami terhadap budaya leluhur kami yang ada di tanah Jawa,” katanya.

Selanjutnya, Suyono mengharapkan adanya perhatian pemerintah untuk melestarikan budaya nusantara yang ada di Kabupaten Merauke. Hal ini disampaikan karena dengan adanya pergelaran budaya, maka akan berdampak pada pelaku usaha kecil yang berada di sekitar pergelaran.

“Tentu kami sebagai pelaku budaya mengharapkan perhatian pemerintah. Karena pengadaan peralatan budaya yang masih terlalu mahal. Di samping itu juga, dengan adanya pergelaran ini membuka peluang bagi saudara-saudara kami yang memiliki usaha makanan maupun minuman," harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Edy Santosa menyampaikan bahwa kelak ketika amanah itu diberikan oleh masyarakat Merauke untuk memimpin. Maka ia bersama calon Bupati Merauke  Hendrikus Mahuse akan memberikan perhatian khusus kepada kebudayaan.

“Sebenarnya kebudayaan ini merupakan salah satu potensi pariwisata, tapi pengelolaannya belum maksimal. Sehingga persoalan ini ke depan akan menjadi perhatian kami dalam menjalankan roda pemerintahan. Ketika amanah itu diberikan kepada saya dan bapak Hendrikus Mahuse untuk memimpin Kabupaten Merauke ke depan,” jelasnya.

Oleh karena itu, Edy mengatakan ke depan para pelaku budaya akan menjadi perhatian pihaknya ketika memimpin nanti. Sebab dengan adanya pelaku budaya akan membuka peluang pariwisata dan menghidupkan ekonomi kreatif di Kabupaten Merauke ini.

“Kebudayaan ini kan fondasi dari dunia pariwisata. Jadi ketika kebudayaan ini kita dorong maka secara tidak langsung kita akan berdampak pada perekonomian lainnya. Salah satunya hotel, rental mobil, kios-kios dan masih banyak lagi," demikian Edy Santosa. (Nasrun Labata/Hidayat Baadilla/M.Yasir)

No comments