Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Staf Khusus Kementerian Perhubungan, Buyung Lalana Melepas Pengiriman Beras Melalui Tol Laut di Merauke

Merauke | suaraburuhnasional.com - Staf Khusus Menteri Perhubungan RI Mayjen TNI Mar (Purn) Buyung Lalana melepas 15 kontener beras petani d...




Merauke | suaraburuhnasional.com - Staf Khusus Menteri Perhubungan RI Mayjen TNI Mar (Purn) Buyung Lalana melepas 15 kontener beras petani dan 1 kontener Biji Gebang yang akan dikirim keluar Surabaya, Senin (09/11/2020).

Pelepasan tersebut dilakukan di Pelabuhan Merauke Jalan Yos Sudarso yang dihadiri tamu undangan dari perwakilan BUMD, Kepala KSOP Merauke dan Aliansi Petani Merauke. Dalam sambutannya, Buyung Lalana menyampaikan bahwa kahadirannya di Merauke mewakili kementerian perhubungan dalam rangka merespon tuntutan petani akan surplus beras dengan memberangkatkan beras melalui tol laut.

"Sejak informasi surplus beras dari hasil pertanian kelompok tani di Merauke yang mencapai 200.000 ton pada analisa bulan Agustus tahun 2020 melalui pemerintah daerah, pemerintah pusat melalui kementerian perhubungan terus berkonsentrasi mendistribusikan beras di seluruh Indonesia agar terjadi keseimbangan ketahanan pangan melalui tol laut," jelasnya.

Katanya, tol laut merupakan konektivitas laut yang efektif berupa angkutan laut yang berlayar secara rutin dan terjadwal dari wilayah barat sampai timur Indonesia dan sebaliknya. Program ini merupakan bukti nyata upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan ke daerah tertinggal, terdepan, terluar dan perbatasan. 





Sehingga, pemerintah dapat memastikan terpenuhinya logistik baik distribusi kebutuhan pokok maupun barang penting lainnya secara terjadwal dan pasti. Dampak yang disasar adalah pengurangan disparitas harga yang akhirnya dapat meningkatan kesejahteraan rakyat dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Sementara itu, kepala KSOP Merauke menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada kementerian perhubungan melalui staf Buyung Lalana atas perhatiannya terhadap masalah beras di Kabupaten Merauke. 

Dirinya berharap semoga dengan adanya program pemerintah melalui tol laut dapat membantu pendistribusian beras Merauke yang saat ini terjadi peningkatan/surplus ke luar daerah Kabupaten Merauke. (Nasrun Labata/Hidayat Baadilla)

No comments