Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Masa New Normal, Disdukcapil Asahan Tetap Berikan Pelayanan Membahagiakan Kepada Masyarakat

Asahan | suaraburuhnasional.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan tetap memberikan pelayanan yang ter...




Asahan | suaraburuhnasional.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dan juga berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan serta membuka layanan tatap muka dan online melalui media WhatsApp (WA) dengan menerapkan konsep new normal. 

Saat Dikonfirmasi oleh awak media Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto M.Pd melalui Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Asahan Drs. Ruskamil mengatakan,"sekarang layanan online melalui WhatsApp (WA) dan tatap muka sudah kita buka. Jadi, masyarakat sudah bisa datang ke kantor untuk mengurus administrasi kependudukannya," ujar Drs. Ruskamil, di Kantor Disdukcapil Asahan, (12/10/2020).

Kadisdukcapil Kabupaten Asahan melalui Plt. Sekretaris Disdukcapil Asahan Drs. Ruskamil mengatakan bahwa konsep new normal yang diterapkan yakni adanya kepengurusan administrasi kependudukan dikirim melalui WhatsApp para petugas Disdukcapil Asahan, setelah selesai maka masyarakat akan diberitahukan melalui WhatsApp tersebut untuk membawa berkas tersebut kedisdukcapil, dan pihak disdukcapil Asahan akan memberikan/menyerahkan dokumen kependudukan berupa yakni, Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran,  Kartu Tanda Penduduk-Elektronik (KTP-El), Surat Pindah (Surpin) Akte Nikah, Akte Kematian, Kartu Identitas Anak (KIA) yang telah selesai diproses sesuai yang dimohonkan masyarakat tersebut melalui WhatsApp kepada pihak Disdukcapil Kabupaten Asahan. 

Untuk itu Plt. Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Asahan Drs. Ruskamil juga mengatakan bahwa pihaknya akan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kemudian Drs. Ruskamil mengatakan bahwa setiap masyarakat yang datang dalam kepengurusan dokumen kependudukannya ke Disdukcapil Asahan harus menggunakan masker, apabila masyarakat yang tidak memakai masker dalam kepengurusan tersebut pihaknya akan memberikan langsung masker kepada masyarakat tersebut.

"Sebelum memasuki ruang pelayanan masyarakat juga kita anjurkan untuk cuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah kita sediakan. Kita pun mengatur jarak masyarakat yang datang," papar Drs. Ruskamil.

Disdukcapil membuka layanan tatap muka dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Di masa pandemi Covid-19, pelayanan sesuai dengan protokol kesehatan.

Tampaknya masyarakat lebih puas dengan layanan tatap muka. Kendati demikian, layanan online tetap kita jalankan. Itu sebagai bentuk kewaspadaan dan antisipasi penyebaran Covid-19 serta sesuai dengan Program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (#GISA), serta peraturan dan perundang-undangan yang berlaku," harap Kadisdukcapil Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto M.Pd melalui Plt Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Asahan Drs. Ruskamil.

Mengakhiri penyampaianya Drs. Ruskamil mengatakan bahwa pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk turut serta dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020. (Indra Sibarani)

No comments