Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Pemotongan ADD Rp30 Juta Lebih Jadi Tanda Tanya Pihak PemDes

Sergai | suaraburuhnasional.com - Setelah menanti lebih dari lima bulan Pemerintah Desa (PemDes) dan perangkat desa belum menerima dana Alok...




Sergai | suaraburuhnasional.com - Setelah menanti lebih dari lima bulan Pemerintah Desa (PemDes) dan perangkat desa belum menerima dana Alokasi Dana Desa akhirnya tersalurkan juga di awal bulan November yang lalu. Gaji perangkat desa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) ini disalurkan melalui rekening bank di desa masing - masing.

Hanya saja penyaluran ADD ini dilakukan secara bertahap. Untuk bulan November 2020 ini, pembayaran ke setiap PemDesa masing-masing sebesar 30% saja. Sehingga pembayaran gaji untuk perangkat desa yang tertuda saat ini belum juga sepenuhnya terbayarkan. Hal ini disampaikan salah satu Kepala Desa (Kades) yang tidak mau namanya disebutkan kepada awak media, Kamis (5/11/2020).

Selanjutnya,keluhan lain juga di sebutkan kepada awak media ini, tentang adanya pemotongan dana ADD sebesar Rp.30 juta lebih. Pemotongan ADD ini baru diketahui setelah pihak Kepala Desa /Bendahara Desa menerima uang dari pihak Bank. Sampai berita ini di terbitkan, Kades tersebut belum mengetahui pemotongan di pergunakan untuk apa. "Dananya dipotong langsung, kami jadi tanda tanya juga. Sekitar 30 jutaan lebih diambil, tapi dialokasikan kemana, kami saat ini tidak tahu,”ungkap Kades.

"Wajar kami bertanya,dan ingin tahu kemana arah dana yang berkurang. Seharusnya dana itu bisa mencukupi, terutama untuk dana oprasional kantor dan perangkat. Kalaulah dikurangi ya dana yang ada saja lah yang kami gunakan. Tentu juga pelayanan pemerintahan desa ke masyarakat apa adanya saja,"pungkasnya.

Sementara itu lewat Hp seluler, pihak Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa (PMD) Kab Sergai yakni Kadis PMD dan juga Sekda Sergai belum menjawab konfirmasi awak media terkait perihal pemotongan dana ADD tersebut, Jumat (6/11) lalu.

Selanjutnya hal serupa juga di pertanyakan awak media ini kepada Ketua DPRD Kabupaten Sergai dr.Riski Ramadhan Hasibuan SH, SE, Selasa (10/11) dan mengatakan tidak mengetahui soal pemotongan dana ADD,"besok saya cek,"jawabnya singkat. (Her)

No comments