Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Peran Polri Dalam Memediasi Permasalahan Tanah, Begini Pandangan Kapolres Merauke

Merauke | suaraburuhnasional.com - Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum menjadi narasumber pada dialog interaktif dalam program P...




Merauke | suaraburuhnasional.com - Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum menjadi narasumber pada dialog interaktif dalam program Patroli Udara bertempat di Studio LPP RRI Pro I Merauke jalan Ahmad Yani Merauke Papua, Rabu (12/11/2020).

Pelaksanaan program Polisi menyapa berkat tersebut atas kerjasama Subbag Humas Polres Merauke dengan LPP RRI Merauke sebagai sarana untuk memberikan himbauan-himbauan Kamtibmas. Selain itu juga agar menjadi wadah yang siap menerima masukan dan kritik yang membangun demi Pelaksanaan tugas Polri khususnya Polres Merauke yang lebih baik kedepan menuju zona integritas yang WBK dan WBBM.

Adapun topik dalam dialog tersebut adalah “ Peran Polri dalam memediasi permasalahan tanah yang sering terjadi di Merauke". Kapolres Merauke mengatakan bahwa semua yang ada di Kabupaten Merauke adalah bersaudara dan hidup bersama wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya sebagai Kapolres Merauke berupaya bagaimana caranya permasalahan pemalangan tanah di Merauke dapat diatasi, dengan cara memediasi, bagaimana caranya kita memberikan lapangan pekerjaan atau home industri kepada pemilik ulayat tanah dan masyarakat agar dapat memperoleh penghasilan, bila mendapat penghasilan otomatis kehidupan mereka akan sejahtera,” ujar Kapolres dalam keterangan yang dikeluarkan Humas Polres Merauke.

Kata Kapolres dirinnya sangat menghormati hukum adat, hukum agama dan segala adat istiadat suatu daerah namun tetap semua harus junjung tinggi hukum positif di Wilayah NKRI ini.

Masalah pemalangan tanah yang sudah sering terjadi di Merauke Kaplores telah berkoordinasi dengan tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh adat. Dari silahturahmi tersebut semuanya mendukung pelaksanaan tugas Kapolres Merauke dan jajarannya dalam memediasi permasalahan tanah.

Katanya lanjut, sertifikat tanah sudah cukup kuat dalam hal pemilikan sebidang tanah namun lebih kuat lagi bila mempunyai pelepasan adat dari pemillik tanah tersebut. Sementara itu, dirinya berkoordinasi dengan pihak Badan Pertahanan Nasional (BPN) jika ada masayarakat yang mempunyai permasalahan tanah, pihaknya dari Polres Merauke akan berupaya membantu untuk menyelesaikannya.




"Program 4000 sertifikat gratis akan kami upayakan, terutama tanah-tanah yang bersebelahan dengan tanah milik Polri. Warga masyarakat bila mempunyai sebidang tanah yang hanya mempunyai surat pelepasan adat kita akan rekomendasikan ke pihak BPN untuk segera diterbitkan sertifikat, hidup itu kita harus saling tolong menolong," jelasnya.

Kapolres juga berharap pada hari Minggu (15/11/2020) di Polres Merauke, akan disosialisasikan penggunaan alat untuk membuat kancing baju dari batok kelapa yang mempunyai nilai jual yang bagus, warga Merauke yang berminat dapat melihat dan mempraktekkannya demi kesejahteraan warga Merauke.

"Kedepan saya sudah mempunyai Program Polisi bersih-bersih seperti bersih pantai, bersih tempat ibadah, bersih bersih pasar, dan lain sebagainya, kita berharap warga masyarakat, semua stakeholder dan semua komunitas dapat mendukung kegiatan Polres Merauke," demikian Kapolres Merauke Untung Sangaji. (Nasrun Labata/Hidayat Baadilla/M.Yasir)

No comments