Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Sudah Puluhan Tahun Warga Desa Halaban Menanti Air Bersih Akhirnya Terwujud Juga

Halaban | suaraburuhnasional.com - Air bersih merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup dunia ini hampir delapan puluh persen untuk kebutuhan...




Halaban | suaraburuhnasional.com - Air bersih merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup dunia ini hampir delapan puluh persen untuk kebutuhan air bersih dan tidak dapat dipisahkan di setiap keluarga sehari-hari.

Oleh karena itu warga Desa Halaban Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat sangat bersyukur, terima kasih kepada Allah SWT dan bergembira atas sudah tersedianya sumber air bersih yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, yang dimana selama ini sudah puluhan tahun kami cita-citakan bantuan sumur bor sudah terwujud karena di Desa Halaban ini sangat sulit untuk mencari sumber air di dalam tanah untuk membuat sumur bor. Hanya beberapa dusun saja yang ada sumber mata air di dalam tanah,”ujar Uden warga Halaban Kede Desa Halaban kepada awak media, Jumat (20/11/2020). 

Maka dengan adanya sumber air bersih ini yang dikelola oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) juga pemasangan selang saluran air ke ke rumah-rumah warga, sehingga dapat membantu kebutuhan keluarga, meringankan keuangan, ekonomi keluarga. Terangnya.

Hal senada juga disampaikan Japar warga Dusun 1 Suka Mulia, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa yaitu Kepala Desa Halaban Tamaruddin, S.Ag yang telah berusaha memperjuangkan nasib warga, saat ini sudah kami dapat rasakan air bersih yang di saluran air ke rumah saya betapa mudahnya, tidak lagi repot memesan, dan sering kali kecewa, namanya beli air pakai mobil air, kalau proyek BUMDes kami pelanggan hanya membayar iuran/per bulan Rp 100 ribu.

Sebelum ada sumber air bersih, pengeluaran kami untuk membeli air bersih setiap sebulannya mencapai Rp 350 ribu/bulan, jadi secara ekonomis adanya sumber air bersih ini sangat terbantu ekonomi warga, harapan kami proyek sumur bor yang disalurankan kepada warga bertambah maju, sukses dan pelayanan untuk pelanggan semakin ditingkatkan yang lebih baik lagi. Harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Halaban Tamaruddin, S.Ag mengatakan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Langkat melalui Yayasan Baitul Mall BRI yang telah memberikan bantuan bersifat "hibah" dengan memfasilitasi alat berupa tangki air, dan membangun tempat penampungan air bersih, dan mesin pompa air, untuk menyedot air dari sumur bor ke tangki air, bahkan bantuan pipa palaron sepanjang 4 kilometer, ini semuanya dari anggaran dana dari pihak Yayasan Baitul Mall BRI. Terang kades kepada awak media.






Kades juga menjelaskan mengenai biaya penggalian tanah untuk penanaman pipa air sepanjang 4 kilometer berasal dari swadaya masyarakat, bukan tanggung jawab pihak yayasan. Mari kita bersyukur kepada Allah SWT, Alhamdulillah, sumber air sudah ada di depan rumah kita, kita tidak membeli air bersih kepada orang perorangan yang sangat merepotkan, tinggal membuka kran air di rumah sudah ada dan gampang. Tuturnya.

Selanjutnya mari bersabarlah pihak Anggota DPRD Langkat dari Fraksi Perindo, Safi,i pengganti almarhum Jenda Kita Taringan Davil V akan memberikan bantuan lagi penambahan sumur bor sebanyak 2 (dua) titik lagi sudah dicek, tinggal tahap pengerjaan di Dusun 1 Suka Mulia, tujuannya untuk menambah debit air lagi, mari kita berdoa, agar sumber mata air dan debit air lebih besar lagi untuk kebutuhan masyarakat Desa Halaban yang belum tersalurkan air bersih di lingkungannya. Harapnya. (Jhonson Malau)

No comments