Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Suku Kanum dan Masyarakat di Kampung Yanggandur Merauke Siap Menangkan Hermes Melalui Sistem Barako

Merauke | suaraburuhnasional.com - Masyarakat di Kampung Yanggandur Distrik Sota menyambut dengan baik calon Bupati Merauke nomor urut satu ...




Merauke | suaraburuhnasional.com - Masyarakat di Kampung Yanggandur Distrik Sota menyambut dengan baik calon Bupati Merauke nomor urut satu (1)  Hendrikus Mahuse, Kamis (5/11/2020). Hadir dalam kesempatan itu Ketua Adat Suku Kanum yang membawahi 6 Marga dan tokoh serta sesepuh masyarakat Yanggandur.

Kata Ketua Adat Suku Kanum, Herman Mbanggu untuk pasangan Hendrikus Mahuse dan Edy Santosa atau Hermes di Kampung Yanggandur siap dimenangkan secara mutlak. Bahkan Ketua Adat mengatakan sistem pencoblosan akan menggunakan sistem kamboti atau dalam bahasa Kanum disebut Barako.

Sistem Barako yaitu kesepakatan Ketua adat dan ketua-ketua marga untuk mencoblos secara bersamaa pasangan nomor urut satu (1) Hendrikus Mahuse dan Edy Santosa untuk dapat menang dan memimpin Kabupaten Merauke. "Ya, tanggal 9 Desember nanti kami siap bungkus dan menangkan pasangan 01 Hendrikus Mahuse dan Edy Santosa sebagai Bupati dan Wakil Bupati Merauke," tegas Ketua Adat.





Ditambahkan oleh salah Satu Tokoh Suku Kanum, Stanis Laus Mbanggu bahwa Hendrikus Mahuse sangat beda dengan calon lain. Katanya, cara bicara dan program kerja yang disampaikan tidak muluk-muluk alias sederhana namun menyentuh masyarakat Yanggandur. 

Sehingga, masyarakat disana merasa memiliki terhadap Calon Bupati Hendrikus Mahuse yang juga secara silsilah kekeluargaan dalam orang Malind sangatlah dekat. Akhirnya senada dengan yang disampaikan Ketua adat bahwa untuk pasangan Hendrikus Mahuse dan Edy Santosa di Kampung Yanggandur akan dimenangkan oleh masyarakat Yanggandur dengan cara memilih menggunakan sistem kamboti. (Nasrun Labata/Hidayat Baadilla)

No comments