Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Yonmarhanlan I Ikut Serta Apel Gelar Pasukan Latihan Operasi Dukungan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) di Laut

Belawan | suaraburuhnasional.com -  Prajurit Petarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Belawan dipimpin oleh Danyonmar...




Belawan | suaraburuhnasional.com -  Prajurit Petarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Belawan dipimpin oleh Danyonmarhanlan I Letkol Marinir Farick, M.Tr.Opsla ikut serta dalam apel gelar pasukan dalam rangka latihan operasi dukungan pencarian dan penyelamatan (SAR) di laut TA 2020 di Mako Lantamal I Jl. Serma Hanafiah No. 1 Belawan, Sumatera Utara, Kamis (12/11/2020).

Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K. SE., MM., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh pimpinan Apel Danlantamal I Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso menyampaikan, bahwa sesuai UU No.34/2004 tentang TNI, bahwa tugas SAR adalah salah satu tugas operasi militer selain perang, oleh karena itu Koarmada I mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan tugas tersebut sebagai pengejawantahan dari UU yang ada.

Latihan ini mengambil tema Koarmada I melaksanakan operasi dukungan oencarian dan penyelamatan (SAR) di Belawan dan sekitarnya guna mendukung tugas TNI AL. Sesuai tema tersebut maka latihan ini untuk meningkatkan kemampuan dan mengukur kesiapsiagaan personel dan unsur unsur SAR TNI AL. 





Khusus Koarmada I dalam operasi penanggulangan kecelakaan di laut sehingga dapat diperoleh gambaran kemampuan operasional mulai dari tingkat perorangan sampai satuan sehingga tercapaibpola pikir dan pola tindak yang sama antar unsur SAR pada pelaksanaan operasi SAR di laut.

Lebih lanjut Pangkoarmada I juga mengingatkan perlunya tindakan purba jaga yang profesional dan proporsional, guna mencegah terjadinya kecelakaan dan kerugian yang tidak kita inginkan, baik personel maupun materiil. Untuk itu laksanakan semua prosedur latihan secara cermat dan benar dalam rangka mewujudkan “zero accident”. Hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten Danlantamal I, para Kasatker/Kadis serta Danyonmarhanlan I. (Nelson Srg/BA Intel Yonmarhanlan I)

No comments