Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

21 Tahun Petani Kopi di Muting Kesulitan Pemasaran, Rumah Kopi D'Waroeng Bantu Pasarkan dan Akan Launching Perdana 9 Desember

Merauke | suaraburuhnasional.com - Rumah Kopi D'waroeng  mengangkat komuditas kopi lokal asal  Kampung Seed Agung, Distrik Muting Kabupa...




Merauke | suaraburuhnasional.com - Rumah Kopi D'waroeng  mengangkat komuditas kopi lokal asal  Kampung Seed Agung, Distrik Muting Kabupaten Merauke untuk dipasarkan dan menjadi sajian kopi khusus bagi pelanggan dan para penikmat kopi di Kabupaten Kota Merauke.

Olahan kopi yang disajikan oleh Rumah Kopi D'Waroeng ini, selain kenikmatan rasanya tapi olahan kopi ini juga salah satunya untuk mengangkat dan membantu memasarkan komuditas kopi lokal kita dan bisa membantu penghasilan dari para petani kopi lokal.

Menurut pemilik warung kopi D'waroeng, Jasman Tristanto kepada awak Media, jenis kopi lokal asal Kampung Seed Agung Distrik Muting  yang coba dipasarkan ini adalah jenis kopi Rogusta. Kopi ini kata dia, ditemukan pada saat teman-teman mendengarkan keluh kesah dari para petani kopi di kampung setempat, mereka mengeluhkan telah menanam kopi dari Tahun 1995.

"Selama 21 tahun mereka menanam kopi tapi tidak ada pembeli dari hasil kopi yang mereka tanam sehingga menimbulkan kekecewaan. Alhamdulillah kemarin teman-teman dari Polsek Muting memberikan jalan kepada petani Kopi untuk bekerja sama dengan Rumah Kopi D'Waroeng untuk kita mengangkat dan memasarkan komuditas kopi lokal kita ini," terangnya kepada awak media, Sabtu (5/12/2020).

"Depan teman-teman sekalian sudah ada olahan biji kopi dari distrik Muting yang akan kami pasarkan di Kabupaten Merauke, untuk bisa bersaing dengan biji kopi yang ada di Indonesia dan tentunya besar harapan kami adanya dukungan dari masyarakat Merauke untuk sama-sama memajukan hasil petani lokal agar membantu perekonomian para petani yang sudah menanti selama 21 tahun dan mudah-mudahan jenis kopi Rogusta bisa di terima oleh masyarakat Merauke dan masyarakat indonesia," tuturnya.





Diketahui, kualitas kopi jenis Rogusta dari Distrik Muting ini tidak ada bedanya dengan jenis kopi Rogusta di tempat lain karena olahan dan sajian kopi ini. Rumah Kopi D'Waroeng sudah dua minggu menyajikan kepada pelangangnya dan terbukti semua pelanggan yang datang menikmati sajian kopi ini tidak ada satu pun yang koplen justru  beberapa pelanggan mengatakan rasanya lebih nikmat dan enak.

Sementara itu, tanggal 9 Desember nanti Rumah Kopi D'Warueng akan melaunching Kopi olahan lokal jenis Rogusta ini sehingga bagi masyarakat Kota merauke boleh datang dan menikmati sajian pada launcing perdana nanti. (Nasrun Labata/Alfi Syahri/Hidayat Baadilla)

No comments