Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News

latest

9 Tahun Lumpuh, Kek Suratno Butuh Uluran Tangan Dermawan

Tanjung Beringin | suaraburuhnasional.com - Kakek Suratno (83) warga Dusun II, Desa Mangga Dua, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdan...




Tanjung Beringin | suaraburuhnasional.com - Kakek Suratno (83) warga Dusun II, Desa Mangga Dua, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), selama 9 (sembilan) tahun terbaring di tempat tidurnya tidak bisa berbuat apa-apa akibat penyakit stroke yang dideritanya.

Pada mulanya Kek Suratno menderita darah tinggi, lalu mengalami strok ringan di bagian badan sebelah kirinya sehingga tangan dan kakinya tidak dapat digerakan. Namun lama kelamaan baru di bagian sebelah kanannya, sehingga saat ini mengakibatkan lumpuh total sampai tidak bisa lagi digerakan seluruh tubuhnya.

"Sudah 9 tahun terbaring di tempat tidur karena strok, hingga mengakibatkan lumpuh total sampai gak bisa digerakan lagi. Apapun keperluan kakek, kalau mau miring, buang air kecil dan besar siang malam awak yang bantuin," ujar Nek Lijem istri Kek Suratno kepada awak media, Senin (7/12/2020) siang.

Diceritakan Nek Lijem, semua usaha sudah dilakukan dari berobat ke rumah sakit tanpa memakai Kartu Kesehatan lewat layanan umum tidak ada perubahan. Selain itu pernah juga dahulu berobat secara alternatif, namun sampai sekarang tidak juga sehat kayaknya tidak berguna obatnya.

"Usaha awak tuk mengobati kakek bisa dikatakan udah cukup banyak biaya yang dikeluar sampai habis apa yang ada, tetapi itu semua awak serahkan kepada Allah SWT, saya tetap ikhlas merawat kakek," ucap nek Ijem dengan sendu.

Lanjut Nek Ijem, saat ini untuk kebutuhan hidup sehari-harinya dengan menjual hasil dari kebun kelapa yang ada belakang rumah, dan mengharapkan pemberian dari anak bahkan sekarang pun hanya menumpang dengan anaknya. "Saya sekarang hanya berharap pada anak dan menantu yang bernama Nurma dan Tugirin. Mereka memberikan sedikit rezekinya tuk biaya hidup dan tuk berobat," ungkap Nek Ijem.

Terpisah, saat media ini menemui Kades Mangga Dua Budi Santoso, S.Pd mengatakan, untuk Kek Suratno apabila BLT DD ini lanjut akan kita lanjutkan. Dan mengenai Kartu KIS akan kita usahakan baik itu BPJS ataupun yang lain.

"Banyaknya warga yang tidak mampu salah satunya seperti Kek Suratno, kiranya kami berharap dapat dibantu baik itu dari pemerintah atau dinas terkait maupun uluran tangan para dermawan dengan melihat kondisi kek Suratno saat ini," ujar Budi.

Terkait bantuan rumah Budi menyampaikan, pihak desa tetap mengupayakan dan terus mengusulkan adanya bantuan tentang bedah rumah. "Setahu saya sejak 2017 sampai sekarang belum ada bantuan bedah rumah di Desa Mangga Dua. Walaupun begitu kami tetap mengusulkan kepada Pemkab Sergai baik itu melalui dinas terkait ataupun yang lainnya," pungkas Kades. (Heri)

Tidak ada komentar