Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Karantina Pertanian Belawan Jalani Proses Serta Penilaian Menuju WBK dan WBBM

Belawan | suaraburuhnasional.com - WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) merupakan predikat yang dib...




Belawan | suaraburuhnasional.com - WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) merupakan predikat yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) kepada unit kerja di instansi pemerintah sekurang-kurangnya eselon III yang menyelenggarakan fungsi pelayanan.

Untuk mencapai predikat WBK dan WBBM, unit kerja harus terlebih dahulu membangun Zona Integritas (ZI). Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian telah menunjuk unit kerja di lingkungannya untuk menjadi percontohan sebagai unit yang menuju predikat WBK/WBBM. Karantina Pertanian Belawan termasuk salah satunya.

Setelah ditunjuk sebagai salah satu unit kerja percontohan menuju WBK/WBBM, Hasrul yaitu Kepala Karantina Pertanian Belawan segera menindaklanjuti dengan memberikan arahan dan langkah-langkah yang diperlukan oleh jajarannya. Langkah pertama diawali dengan pencanangan komitmen. 

Kegiatan pencanangan komitmen dilaksanakan dengan Penandatanganan Fakta Integritas di atas kertas bermeterai dan Pernyataan Komitmen telah siap membangun Zona Integritas. Selanjutnya adalah Penilaian Mandiri oleh Tim Penilai Internal (TPI) unit kerja, yang layak dan diusulkan ke Kementerian PAN dan RB untuk mendapatkan predikat WBK/WBBM.

Setelah melalui proses panjang, hari ini senin (30/11) Karantina Pertanian Belawan didatangi oleh Tim dari Kementerian PAN dan RB yang didampingi Tim dari Badan Karantina Pertanian. Saat ini Karantina Pertanian Belawan berkomitmen untuk melaksanakan reformasi birokrasi menuju predikat WBK/WBBM. Dengan semangat reformasi birokrasi Karantina Pertanian Belawan siap melayani dengan profesional, transparan, akuntabel dan terpercaya. Semoga niat baik ini mendapat dukungan dari keluarga, orangtua, sahabat serta diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa. (Nelson Srg/Hms BBKPB)

No comments