Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Persiapan Sekolah Tatap Muka SD dan SMP, Satgas Covid-19 Kota Tebing Tinggi Lakukan Verifikasi Sekolah

Tebing Tinggi | suaraburuhnasional.com - Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tebing Tinggi melakukan kunjungan ke seko...




Tebing Tinggi | suaraburuhnasional.com - Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tebing Tinggi melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah SD dan SMP untuk melakukan penilaian (verifikasi), terhadap kesiapan sekolah dalam melakukan pembelajaran Tatap Muka pada tanggal 4 Januari 2021.

Tim Verifikasi dari Satgas Covid-19 Tebing Tinggi terdiri dari Kadis Kesehatan dr. H. Nanang Fitra Aulia, Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedi Parulian Siagian, Plt. Kadis Pendidikan Idam Khalid dan Kadis Perhubungan Syafrin Harahap langsung mengunjungi SMP Negeri 1 dan SD Swasta KF Tandean Tebing Tinggi, Senin (28/12/2020). 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Tebingtinggi, dr. Nanang Fitra Aulia mengatakan, hari ini Satgas Covid-19 Pemko Tebingtinggi melaksanakan verifikasi untuk dimulainya pembelajaran sekolah tatap muka yang kita rencanakan pada tanggal 4 Januari 2021. Tim Satgas dibentuk saat ini oleh Wali Kota untuk bisa memverifikasi sekolah-sekolah yang akan melakukan pembelajaran tatap muka. "Jadi, di dalam verifikasi itu memenuhi semua persyaratan-persyaratan sesuai dengan aturan protokol-protokol kesehatan untuk dimulainya pembelajaran," sebutnya.

Nanang menambahkan, verifikasi dimulai hari ini sampai tanggal 30 Desember 2020. Tim Satgas dibentuk untuk bekerja memverifikasi sebanyak hampir 98 sekolah SD dan SMP yang ada di Kota Tebing Tinggi ini untuk kita nilai layak apa tidak untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka pada tanggal 4 Januari mendatang.

"Yang kita verifikasi adalah penerapan dan perlengkapan protokol-protokol kesehatan yang telah dipenuhi oleh sekolah seperti, tempat cuci tangan, hands sanitizer, thermo gun dan kebersihan lingkungan sekolah termasuk toilet," ujarnya.

Yang paling utama, lanjut dr Nanang adalah, persyaratan atau izin dari Komite Sekolah. "Ini merupakan persyaratan mutlak dan juga izin dari orang tua murid untuk memulai pembelajaran di sekolah tersebut. Ini yang menjadi persyaratan utama kita," jelas Jubir Satgas Covid-19 Tebing Tinggi. 

"Kalau kita temukan nanti dari Tim Verifikasi ada sekolah yang belum layak, maka kita tidak akan memberikan izin terhadap sekolah tersebut untuk memulai sekolah tatap muka. Pada Intinya, jika sekolah tidak siap, maka kita tidak akan mengizinkan sekolah itu memulai belajar tatap muka," tegas Jubir Satgas Covid-19 Tebing Tinggi.

Sementara itu, Plt. Kadis Pendidikan, Idam Khalid menjelaskan, dari hasil kunjungan Tim Verifikasi terhadap sekolah SMP Negeri 1 dan SD Swasta Tandean saya lihat memenuhi syarat. Mudah-mudahan di dua sekolah yang kita tinjau saat ini bisa memulai pembelajaran tatap muka di awal tahun depan, berikut sekolah lainnya yang saat ini juga ada peninjauan Tim Verifikasi. 






"Saya kira, apabila ada sekolah tidak memenuhi syarat, tentu tidak kita berikan izin untuk memulai sekolah tatap muka. Namun, kepada sekolah tersebut kita himbau agar segera melengkapi seluruh persyaratan pembelajaran tatap muka," katanya. 

Saat melakukan peninjauan, Tim Verifikasi langsung mengecek persiapan peralatan protokol kesehatan. Kebersihan kamar mandi juga tidak luput dari penilaian. Kepala Sekolah diminta agar mengatur duduk siswa nantinya menjadi 1 meja 1 orang.

Tidak dibenarkan memakai alat pendingin ruangan (AC), sirkulasi udara harus ada dan semua alat pencuci tangan berikut sabunnya harus tersedia dengan baik dan lancar. Bagi sekolah yang memiliki lebih dari 2 lantai, maka tangga naik dan tangga turun bagi siswa harus dipisahkan," tegas Tim Verifikasi. (Alfian Haris)

No comments