Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News

latest

Petani Desa Pematang Cermai Resah Pupuk Subsidi Jenis Za dan SP36 Langka

Tanjung Beringin | suaraburuhnasional.com - Petani desa Pematang Cermai diresahkan dengan langka pupuk jenis Za dan SP36.Kondisi ini membuat...




Tanjung Beringin | suaraburuhnasional.com - Petani desa Pematang Cermai diresahkan dengan langka pupuk jenis Za dan SP36.Kondisi ini membuat petani meminta kepada pemerintah kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) segera melakukan penambahan pupuk subsidi jenis Za dan SP36,yang saat ini dibutuhkan petani pada musim tanam tahun ini.

"Pupuk jenis Za dan SP36 sudah enggak ada lagi,sudah sepekan ini saya tunggu ke pedagang pupuk subsidi tidak ada penambahan pupuk ini,Waktu itu saya sedang mencari pupuk SP 36 dan pedagang itu juga mengatakan Za juga nampaknya tidak ada,"ungkap Sahrul ependi (45) kepada awak media ini.

"Padahal biasanya pupuk jenis ini,sudah biasa kami pakai untuk memupuk tanaman-tanaman kami,tapi hari ini kok bisa langka.Bagaimana sih pihak penyuplai pupuk ke petani setiap kali musim tanam padi ada saja permasalahan dengan jumlah pupuk subsidi diterima petani di desa kami ini,"ungkap Sahrul kesal.

"Padahal luas sawah bukannya ada penambahan,tapi kok bisa langka.Apa memang ada pengurangan jumlah pupuk subsidi atau ada hal lain.Kita sebagai masyarakat bawah ini tidak tau soalan itu.Kita hanya butuh pupuk yang tersedia sesuai permintaan petani,"pungkasnya, Sabtu (4/12/2020).




Selanjutnya awak media ini,menayakan kepada Ketua Kelompok Tani Sri Mulyo Suparman, Sabtu (4/12/2020) membenarkan keluhan petani tentang langkanya pupuk subsidi jenis Za dan SP 36. "Kita sudah tanyakan dan lihat di pedagang pupuk stok untuk pupuk Za dan SP36 memang terbatas,"terangnya.

Harapannya supaya pemerintah atau dinas terkait yang ada di kabupaten Sergai dapat melakukan monitoring ke pihak distributor untuk menjawab keresahan para petani. Karena saat ini petani membutuhkan ketersediaan pupuk terutama subsidi,"ungkap Parman. (Faisal)

Tidak ada komentar