Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

DD Desa Gunong Sapek Tahun 2020 Sudah Terealisasi

Nagan Raya | suaraburuhnasional.com - Kepala Desa (Keuchik) Desa Gunong Sapek Kecamatan  Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya M Nur mengaku sejuml...




Nagan Raya | suaraburuhnasional.com - Kepala Desa (Keuchik) Desa Gunong Sapek Kecamatan  Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya M Nur mengaku sejumlah program Dana Desa (DD) sepanjang Tahun 2020 terealisasi dengan baik. 

Program fisik meliputi rumah bantuan 1 unit, tower air desa ke rumah warga, jembatan serap untuk menguluarkan hasil panan milik masyarakat setempat dan perbaikan lening yang roboh termasuk timbunan. 

M Nur menerangkan, sejumlah anggaran DD dialihkan untuk penanggulangan Covid 19, termasuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), posko serta sejumlah kebutuhan perlengkapan seperti masker, alat pelindung diri pos pencegahan Covid 19. Sedangkan untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Gunung Sapek memiliki lahan sawit 3 Hektar dan karet 1 Hektar sejak Tahun 2017. 

Untuk hasilnya sendiri, M Nur mengaku sudah aktif berproduksi dan sudah cukup untuk membiayai kebun itu sendiri, sehingga tidak mengeluarkan biaya perawatan maupun pemupukan lahan tersebut. Diakuinya pula di Tahun 2021 ini dirinya mewacanakan untuk penambahan aset badan usaha milik desa. Sehingga ketika program DD nantinya tidak bergulir lagi, desa sudah memiliki aset. 

Untuk kegiatan keagamaan Keuchik Desa Gunung Sapek M Nur mengatakan, di desanya selalu aktif dilakukan Majelis Taqlim pada hari Jumat dan program peningkatan keagamaan pemuda Gunong Sapek, 2 kali semunggu di mansah desa setempat rutin dilakukan.




"Sejak Tahun 2017 hingga 2020 sudah banyak kebutuhan perbelanjaan melalui DD, untuk menunjang kegiatan di Desa, seperti 2 unit Teratak biasa dan 1 unit Teratak pentas juga tempat pelaminan, Ginset, kursi, lemari kantor desa dan lemari TPA 3 unit, leptop, komputer, 4 unit printer, camera serta Senso penotong kayu. Selanjutnya 2 unit toa dan ampli nya pengeras suara untuk TPA dan meunasah 1.unit sonsystem," terang M Nur. 

Data penerima bantuan sosial Desa Gunong Sapek Kecamatan Tadu Raya dengan jumlah 69 KK, 1.Penerima PKH 22 KK, 2. Penerima BPNT 10 KK. 3. Penerima BST10 KK. 4. Penerima BLT DD 2 KK. 5. Jumlah 44 KK. (Di2t)

No comments