Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Desa Gapa Garu Fokuskan DD Untuk Sarana Penunjang di Dalam Desa

Nagan Raya | suaraburuhnasional.com - Keuchik (Kepala Desa) Gapa Garu Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya M Daud mengaku, pembenahan de...




Nagan Raya | suaraburuhnasional.com - Keuchik (Kepala Desa) Gapa Garu Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya M Daud mengaku, pembenahan desa sudah dilakukan sejak 2016, hal itu untuk menunjang sejumlah fasilitas di dalam desa itu sendiri yang bersumber dari Dana Desa (DD). 

Untuk tahun 2016, M Said mengaku telah membangung fisik seperti, kantor desa dan gedung serbaguna, serta pembangunan masjid yang mana pembangunanannya sendiri dilakukan bertahap. Di Tahun 2017, sumur bor lengkap dengan bak, serak kerikil, buka jalan baru, sarana olahraga lapangan volly, pembangunan fisik TPA serta Box kopel, galian drainase sepanjang 1500 m serta pembelian kebun desa seluas 2,5 hektar. Menurut M Daud, sejumlah sarana tersebut menjadi saran penunjang serta lahan 2,5 menjadi aset desa yang dikelola BUMG. 

Untuk Tahun 2018, Keuchik Desa Gapa Garu M Daud, memfokuskan program fisik pada infrastruktur di dalam desanya, seperti pembukaan jalan kebun masyarakat, drainase, pembuatan jalan kebun, peninggian badan jalan, box kopel, pengerasan badan jalan serta pembelian lahan kebun seluas 3 hektar yang menjadi aset BUMG. 

Diakuinya pula, pelaksanaan kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa berpedoman pada pedoman teknis yang ditetapkan. Seperti untuk Tahun 2019, alokasi Dana Desa diperuntukkan, rumah layak huni sebanyak dua unit, pembukaan kebun masyarakat, pembelian kebun desa 2.8 hektar yang menjadi aset BUMG dan pembangunan masjid. 

Di Tahun 2020, Desa Gapa Garu membangun kembali rumah layak huni 1 unit yang bersumber dari dana desa. Kemudian, pembukaan jalan ke lokasi wisata danau laot tadu, serak krikil untuk pengerasan jalan kebun masyarakat dan masjid. 




M Daud menjelaskan, untuk Tahun 2020 alokasi dana desa sebagian alokasinya digunakan untuk penanggulangan pencegahan Covid 19. Mulai dari memenuhi kebutuhan Bantuan Langsung Tunai (BLT), pasar murah, hingga belanja masker dan alat kebutuhan yang diatur dalam protokol kesehatan, termasuk pos Covid. 

Penyaluran BLT DD untuk Tahun 2020, Keuchik Gapa Garu M Daud mengaku sudah terselesaikan sepenuhnya. Untuk kegiatan kesehatan seperti Posyandu aktif dilakuan secara berkala, demikian juga pada sektor kegiatan keagamaan dan TPA. Demikian juga kegiatan pemuda di dalam desa. (Dia)

No comments