Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Dinas LH Sergai Diduga Korupsi Honor Tenaga Kebersihan Harian Lepas

Serdang Bedagai | suaraburuhnasional.com - Dinas Lingkungan Hidup (LH) Sergai diduga adanya penyimpangan mengenai hal pembayaran honor petug...




Serdang Bedagai | suaraburuhnasional.com - Dinas Lingkungan Hidup (LH) Sergai diduga adanya penyimpangan mengenai hal pembayaran honor petugas tenaga kebersihan terindikasi dugaan korupsi. Hal tersebut diketahui dari ungkapan salah seorang pedagang yang ada di pasar tradisional Tanjung Beringin, Jalan Veteran dan Jalan Merdeka, Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringin,Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu (27/1/2021) sekira pukul 18.05 WIB.

"Dari yang saya ketahui setiap hari berjualan disini,petugas kebersihan masuk bekerja setiap hari. Tetapi ada juga tidak masuk tergantung dari mobil sampah yang membawa mereka kemari,"kalau mobilnya rusak atau halangan lain mungkin muatan sudah penuh maka petugas kebersihan tidak masuk. Masalah orang lain yang menggantikan petugas kebersihan ada kalau petugas itu tidak masuk lama, sekitar 3-5 hari. Kalau hanya satu atau dua hari tidak digantikan alias tidak bekerja. Pada hari Minggu petugas kebersihan tidak bertugas,"ungkapnya.

Saya juga pernah bertanya kepada salah satu petugas kebersihan mengenai gajinya, dibayar perbulan sebesar Rp.2.100.000,- dan bila tidak bekerja gajinya akan dipotong. Sementara sebelumnya saat ditanya mengenai hal tersebut Kadis LH mengarahkan kepada Kabid Pengelolaan Sampah Radius Tambunan yang menerangkan bahwa petugas kebersihan ini penuh bekerja setiap harinya, sebenarnya gajinya diberikan setiap harinya karna bekerja sebagai harian lepas sebesar Rp.70 ribu.

Walaupun dia tidak masuk tapi kita anggap masuk, karena ada orang lain yang mengantikan petugas tersebut,jadi kita anggap orang yang mengantikan tidak formal, tapi kita memberikan uang honornya lewat transfer ke rekening bank masing-masing petugas. Dan petugas yang libur itu sendirilah yang menggaji orang yang ditunjuknya. Jadi kita di sini tidak ada menggangu honor mereka.Karna pekerja kebersihan ini juga tidak boleh libur. "Kalau dia tidak masuk tolong diganti supaya tidak terbengkalai pekerjaan itu,"ungkapnya.




Selanjutnya Kabid juga menerangkan contoh lokasi petugas menyapu Pasar Tanjung Beringin selain pasar juga sekitaran jalan pekan kotanya,”terangnya. Selanjutnya awak media ini juga menjumpai salah satu petugas kebersihan Fatimah, Sabtu (30/1/2021) sekira pukul 10.45 WIB yang bertugas di Kecamatan Tanjung Beringin mengatakan, bahwa petugas masuk setiap hari, dan kalau pun petugas tidak masuk,akan di gantikan ke orang lain, termasuk hari Minggu hanya saja lokasinya di luar pasar,”jawabnya kepada wartawan.

Namun dari hasil pantauan di lapangan, petugas kebersihan hanya terfokus pada pasar tradisional dan pasar pekan jumat saja, sementara hari Minggu tidak nampak petugas kebersihan di Pasar Tradisional Tanjung Beringin. Sehingga petugas kebersihan bekerja hanya hitungan jam saja sudah selesai. (Heri)

No comments