Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Untuk Wujudkan Program Desa Simpang Jaya Kuncinya Adalah Transparan dan Libatkan Semua Elemen Masyarakat

Nagan Raya | suaraburuhnasional.com - Kepala Desa (Keuchik) Simpang Jaya Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya Mukhsal Fakri mengaku, sej...




Nagan Raya | suaraburuhnasional.com - Kepala Desa (Keuchik) Simpang Jaya Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya Mukhsal Fakri mengaku, sejak bergulirnya Dana Desa (DD) diakuinya Desa menjadi memiliki aset, karena diproritaskan untuk pembangunan. 

Mukhsal mengaku, penyaluran DD di Desanya, sesuai dengan regulasi penggunaan Dana Desa itu sendiri yang diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa.

Ketika ditemui di kantornya 14 Januari 2021 Keuchik Simpang Jaya Mukhsal Fakri mengatakan, sejak 2016 pembangunan fisik sudah dilakukan dan tentunya sesuai dengan kebutuhan serta regulasi yang ada. Untuk Tahun 2016 dia mengaku sudah melakukan pembangunan Gedung Serbaguna, Jambo Jerat, Box Culver dua unit, rehab Mushola, lanjutan pembangunan Masjid, peningkatan jalan kebun, serta pemasangan wifi sebagai sarana penunjang. 

Diakuinya pula, pelaksanaan kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa berpedoman pada pedoman teknis yang ditetapkan oleh bupati/walikota mengenai kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa. Pada Tahun 2017, peningkatan jalan, pembangunan MCK sebanyak 2 unit, rehab Mushola, pembangunan jembatan, pembangunan tugu Desa, pemasangan lampu persimpangan, peningkatan Masjid serta jalan Desa di Dusun Sari Mulya. Memang diakuinya, untuk program fisik dilakukan bertahap setiap tahunnya. 

Dalam pelaksanaan kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa dirinya mengaku diutamakan dilakukan secara swakelola dengan menggunakan sumber daya/bahan baku lokal, dan diupayakan dengan lebih banyak menyerap tenaga kerja dari masyarakat Desa setempat.

Di Tahun 2018, Mukhsal Fakri menitik beratkan program pembangunan untuk sarana penunjang, meliputi pembangunan Box Culvet Dusun Gunung Sari, gorong gotong Dusun Mulya Jaya, peningkatan jalan kebun masyarakat, jalan lorong SD, penampung air Mushola, lapangan Badminton untuk sarana olah raga, lanjutan tahapan pembangunan Masjid serta pembangunan timbangan untuk Badan Usaha Milik Gampong (BUMG). 

Tahun 2019, pembangunan Rumah Layak Huni 2 unit, peningkatan jalan menuju Jambo Jerat, jalan kuburan atau pemakaman Sahid, peningkatan jalan Wagini Dusun Mulya Jaya, Mushola Dusun Mulya Jaya dan Sari Mulya, MCK warga tuna Netra, bak Mushola Dusun Mulya Jaya, serta lanjutan pembangunan Masjid. Untuk Tahun 2020, pembangunan rumah layak huni, pembuatan sumur bor, serta rehab Masjid. Di sektor kesehatan juga tidak luput dari perhatian. Demikan juga terhadap anak yatim. 




Keuchik Simpang Jaya Mukhsal Fakri mengaku tidak dapat merealisasikan pembanguanan fisik seperti Tahun sebelumnya. Hal tersebut karena dampak wabah Covid 19. Sehingga, sebagian DD digunakan untuk Pos Covid 19, pasar murah, serta program Bantuan Langsung Tuna (BLT). Dalam penyaluran BLT sendiri, Mukhsal mengaku sudah menyelesaikan seluruh tahapan BLT-DD Tahun 2020. 

Untuk BUMG sendiri, Desa Simpang Jaya saat ini telah memiliki lahan kebun sawit seluas 12 hektar dan sudah produksi selama dua Tahun. Selain itu BUMG untuk pemuda, yang dikelola pemuda seluas 3 hektar dan sudah produksi 3 bulan terakhir. 

Mukhsal Fakri berharap, kedepan Desanya dapat lebih mandiri dalam membangun desa melalui BUMG. Terwujudnya seluruh program tersebut, berkat kerjasama dengan unsur Tuha Peut, Pemuda dan tokoh masyarakat. "Untuk dapat mewujudkan program Kuncinya adalah transparan dan melibatkan semua elemen masyarakat," terang Keuchik Simpang Jaya Mukhsal Fakri. (Dia)

No comments