Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Bea Cukai Belawan Musnahkan Barang Tidak Dikuasai dan Barang Milik Negara Senilai 257 Juta

Belawan | suaraburuhnasional.com - Bea Cukai Belawan Musnahkan barang yang tifak dikuasai dan barang milik Negara, yang berlangsung di Depo ...




Belawan | suaraburuhnasional.com - Bea Cukai Belawan Musnahkan barang yang tifak dikuasai dan barang milik Negara, yang berlangsung di Depo Container PT d Artha Samudera Kontindo Belawan, Rabu (10/02/2021) sekira pukul 09.00 Wib hingga selesai.

Pemusnahan bawang exs barang tidak dikuasai dan buah pinang exs barang milik negara itu adalah merupakan hasil dari sinergitas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Belawan dengan instansi terkait antara lain Polri, Kejaksaan, Karantina dan Pelindo I (Persero).

Pemusnahan bawang exs barang tidak dikuasai dan buah pinang exs barang milik negara langsung dilakukan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Belawan  Tri Utomo Wibowo yang turut dihadiri Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP DR. Mhd Rahmani Dayan, SH, MH, Kasi Pidum Kejari Belawan Eka Purba, SH, MH, Pejabat Karantina Tumbuhan dan Hewan serta intansi terkait lainnya.

Dalam sambutan Kepala Kantor Bea Cukai Belawan Tri Utomo Wibowo menyampaikan,”dari kolaborasi antar intansi turut berperan dalam penanganan container shortoge (krisis kelangkaan container) dalam kegiatan eksportasi yang terjadi.



 

Akhir - akhir ini di masa  pandai Covid -19 hal ini dilakukan guna merealisasikan penyelesaian container yang masih dalam pengawasan Bea Cukai (BCF 1.5) dimana berdasarkan peraturan menteri keuangan nomor178/PMK.04/2019 tentang penyelesaian terhadap barang  yang dinyatakan Tidak Dikuasai, Barang dikuasai Negara, dan barang yang menjadi milik negara sesuai pasal 4 ayat 1: Barang yang dinyatakan  tidak dikuasai sebagai dimaksud dengan pasal 2 ayat 1 yang busuk segera dimusnahkan," ungkap Tri Utomo.

Lanjut Tri Utomo,"terhadap penyelesaian barang yang tidak dikuasai dan barang milik negara, dalam hal ini milik kantor pengawasan dan pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Belawan berupa pemusnahan bawang yang telah busuk eks barang  tidak dikuasai dan buah pinang eks barang milik negara, pemusnahan dilakukan dengan cara ditimbun di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kelurahan Terjun Kecamatan Marelan Kota Medan. Barang yang di musnahkan tersebut diperkirakan bernilai pungutan negara atas bawang dan buah pinang sebesar Rp 257.671.984,"terang Tri Utomo. (Nelson/Tim)

No comments