Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Bupati Nagan Raya Sampaikan Rancangan Qanun RPJMK 2017-2022

Nagan Raya | suaraburuhnasional.com - Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE, sampaikan rancangan qanun (raqan) Kabupaten Nagan Raya tentang ...




Nagan Raya | suaraburuhnasional.com - Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE, sampaikan rancangan qanun (raqan) Kabupaten Nagan Raya tentang Perubahan atas Qanun Kabupaten Nagan Raya Nomor 1 tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten (RPJMK) Nagan Raya tahun 2017-2022 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) dalam rapat paripurna yang berlangsung di Gedung Dewan, Selasa (2/2/2021).
Rapat dipimpin Ketua DPRK Nagan Raya, Jonniadi, SE, dan didampingi para wakil ketua. Sesuai agenda rapat, Ketua DPRK memberikan kesempatan kepada Bupati Nagan Raya untuk menyampaikan sambutannya terkait raqan tersebut. 

Pada kesempatan itu, Bupati Nagan Raya, mengatakan, bahwa penyampaian raqan Kabupaten Nagan Raya tentang Perubahan atas Qanun Nomor 1 Tahun 2018 tentang RPJMK Nagan Raya tahun 2017-2022 kepada DPRK untuk mendapat pembahasan lebih lanjut secara bersama-sama antara eksekutif dan legislatif.

Menurut Bupati, kebijakan untuk melakukan perubahan RPJMK Nagan Raya tahun 2017-2022, dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Pasal 264 ayat (5) Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang menyatakan bahwa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dapat diubah apabila berdasarkan hasil pengendalian dan evaluasi, tidak sesuai dengan perkembangan keadaan atau penyesuaian terhadap kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Perubahan RPJMK ini juga telah sesuai dengan amanat Pasal 342 ayat (1) Permendagri Nomor 86 tahun 2017 yang menyatakan bahwa  perubahan RPJMK dapat dilakukan apabila hasil pengendalian dan evaluasi menunjukkan bahwa proses perumusan tidak sesuai dengan tahapan dan tata cara penyusunan rencana pembangunan daerah. 

Lebih lanjut, Bupati menyatakan, raqan yang diajukan tersebut merupakan raqan yang ditetapkan dalam keputusan  Nomor 171.2/148/DPRK/2019 tentang Program Legislasi Daerah (Prolegda) Kabupaten Nagan Raya tahun 2020.

Bupati juga menyampaikan ke lembaga DPRK Nagan Raya, bahwa beberapa hal yang mendasari diambilnya kebijakan untuk melakukan perubahan RPJMK Nagan Raya tahun 2017-2022, diantaranya adalah perubahan secara umum, yaitu adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan dilakukannya refocusing anggaran tahun 2020 untuk pemenuhan penanganan Covid-19 meliputi kesehatan, penanganan dampak ekonomi dan operasional gugus tugas.

Disamping itu, terjadinya perubahan substansi yaitu harmonisasi antara perubahan RPJMK Nagan Raya tahun 2017-2022 dengan penetapan Perpres Nomor 18 tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024, yang harus menyelaraskan dengan arah kebijakan nasional dan fokus pembangunan nasional. 

Kemudian, tambahnya, Permendagri Nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan Permendagri Nomor 90 tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodifikasi dan Nomenklatur Perencanaan dan Keuangan Daerah yang juga mengharuskan daerah untuk melakukan penyesuaian program dan kegiatan kedalam dokumen perencanaan.

Selanjutnya, kata Bupati, adanya penambahan nomenklatur perangkat daerah, yaitu Dinas Pertanahan Kabupaten Nagan Raya sesuai dengan Peraturan Bupati Nagan Raya Nomor 17 tahun 2019 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, fungsi dan Tata Kerja Dinas Pertanahan Kabupaten Nagan Raya. 

Atas dasar pertimbangan tersebutlah, kita mengambil langkah untuk melakukan perubahan RPJMK Nagan Raya tahun 2017-2022. Dengan dilakukannya perubahan RPJMK Nagan Raya tahun 2017-2022, tidak akan merubah visi dan misi daerah.

Rapat paripurna dihadiri Pimpinan dan Anggota DPRK, Dandim 0116 Nagan Raya, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Mahkamah Syar'iyah, Ketua MPU, MAA, MPD, Sekda, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, Sekwan, Tenaga Ahli Fraksi-fraksi DPRK, Para Kepala SKPK, Para Kabag serta para Camat. (Dia)

No comments