Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


PB ALAMP AKSI Sumut Sampaikan Pernyataan Sikap Soal Dugaan Korupsi Dinas BMBK Sumut

Medan | suaraburuhnasional.com – Terkait dugaan korupsi di Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Sumatera Utara semasa dipimpin oleh A...




Medan | suaraburuhnasional.com – Terkait dugaan korupsi di Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Sumatera Utara semasa dipimpin oleh Abdul Haris Lubis, Pengurus Besar Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (PB ALAMP AKSI) Sumut sampaikan pernyataan sikap.

Sesuai dengan hasil laporan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Nomor : 47.C/LHP/XVIII.MDN/05/2018 tertanggal 21 Mei 2018  Atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 Tentang Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Kepatuhan Terhadap Peraturan Perundang-undangan. Berdasarkan hasil pemeriksaan, diketahui adanya kekurangan volume pekerjaan sebesar Rp. 4.736.688.839,75 atas 16 (enam belas) paket pekerjaan di Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Sumatera Utara semasa dipimpin oleh Abdul Haris Lubis. Diduga bahwa terdapat indikasi korupsi sesuai dengan temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia tersebut.

Tidak cukup sampai di situ, dugaan korupsi lainnya yang diduga terjadi di Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumatera Utara semasa dipimpin oleh Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si yaitu dugaan korupsi pada proyek Peningkatan Struktur Jalan Provinsi Ruas Muara Soma – Sp. Gambir di Kab. Mandailing Natal dengan nomor dan tanggal kontrak: 602/UPTJJ.KN-DBMBK/KPA/230/SP/2018/24 Juli 2018. Penyedia jasa pada proyek tersebut yaitu PT. PARSAORAN MEMBANGUN, dimana masa pelaksanaannya 150 hari kalender dengan nilai kontrak sebesar Rp. 9.767.606.000, Tahun Anggaran 2018. Diduga proyek yang pengerjaannya diawasi oleh Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara tersebut dikerjakan tidak sesuai dengan bestek yang di anggarkan, karena baru beberapa bulan pengerjaannya selesai, kondisi jalan sudah rusak.

Berbagai dugaan korupsi tersebut telah dilaporkan secara tertulis kepada pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Pada 19 Agustus 2019, kami membuat laporan tertulis kepada pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, dengan nomor surat 91/Alamp Aksi/LP /B/VIII/2019. Pasca dilayangkannya surat laporan kepada pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, kami tetap rutin melakukan aksi unjukrasa ke kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, untuk mempertanyakan perkembangan dari laporan yang kami layangkan.

Pada hari selasa, 26 Januari 2021 saat kami melakukan aksi unjukrasa di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dengan aspirasi yang sama, perwakilan dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara mengatakan bahwa, tidak ada indikasi korupsi dalam laporan yang kami layangkan. Alasan perwakilan dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara mengatakan hal tersebut yaitu dikarenakan tidak adanya dan atau kurangnya alat bukti yang kuat dalam laporan yang kami layangkan.

Mengutip dari beberapa pemberitaan media online yang memberitakan bahwa Jaksa Agung Republik Indonesia mengatakan bahwa “tidak ada daerah yang tidak ada kasus korupsinya”. Jaksa Agung juga mengatakan bahwa “jaksa menjadi bodoh apabila tidak menemukan perkara tipikor, sementara instansi penegak hukum lainnya mampu mengungkap kasus korupsi di daerah”.





Menanggapi pernyaataan Jaksa Agung tersebut, kami berharap pernyataan tersebut tidak dan jangan sampai di tujukan kepada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Maka , dengan aksi unjukrasa ini, kami menyampaikan bahwa kami menyatakan sikap, mendukung upaya Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara untuk lebih gigih lagi dalam mengumpulkan alat bukti terkait dugaan korupsi di Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumatera Utara semasa di pimpin oleh Abdul Haris Lubis.

Adapun pernyataan sikap tersebut sampaikan, adalah sebagai bentuk dukungan terhadap Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dalam upaya mengungkap berbagai kasus dugaan korupsi di Sumatera Utara. Pernyataan sikap tersebut ditanda tangani Faqih Al Muwahid, S.H Koordinator Lapangan dan Ismudin Bancin, S.H Koordinator Aksi serta diketahui Eka Armada Danu Saptala, S.E Ketua Umum PB ALAMP AKSI. (red/rel)

No comments