Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News

latest

Kapolres Batu Bara Beri Ongkos dan Tali Asih Pada TKI yang Pulang Kampung

Batu Bara | suaraburuhnasional.com - Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, SH, MH memberikan ongkos dan tali asih kepada 2 orang Tenaga Kerj...




Batu Bara | suaraburuhnasional.com - Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, SH, MH memberikan ongkos dan tali asih kepada 2 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sempat tertangkap Satuan Reskrim Polres Batu Bara beberapa bulan yang lalu.

Ada sebanyak 17 orang TKI asal Jawa dan Aceh sempat tertangkap Satuan Reskrim pada dua bulan yang lalu namun uniknya Kapolres Batu Bara memberdayakan para pekerja untuk menjadi pekerja bangunan di Mako Polres sebagai buruh bangunan, yang mayoritas para pekerja ini menguasai pembuatan bangunan.

Setelah memulangkan 14 TKI asal Jawa Tengah terdiri dari para wanita dan pria ke daerah asalnya, saat ini tersisa 3 TKI asal Aceh yang pulang ke daerahnya. Ketiga orang tersebut antara lain Iskandar Husni (30), Iskandar Yusuf (40) dan Ida seorang janda berusia 28 tahun. Pasalnya mereka bekerja menjadi buruh bangunan sampai selesai pembuatan bangunan Satuan Reskrim Batu Bara tepatnya belakangan gedung utama Mako Polres Batu Bara," ungkapnya.

Iskandar Yusuf  dan kedua temanya mengatakan,"kami akui kalau Kapolres Batu Bara ini sangatlah baik hati, setelah kami ditangkap karena ingin berangkat mencari kerja di Malaysia, kami tak tahu lagi harus bagaimana, sulitnya mencari pekerjaan di kampung ditambah lagi berurusan dengan hukum karna ilegaloging membuat kami terpuruk dan pasrah dengan keadaan. 

Namun nasib berkata lain, Kapolres yang baik hati ini menyarankan selama proses hukum berjalan kami disarankan untuk bekerja disini, sebagai buruh bangunan, yang sama apa bila kami ke Malaysia pun akan bekerja yang sama sebagai buruh bangunan. Seandainya kami pulang dengan kegagalan kami juga malu kepada keluarga, lantas inisiatif ini kami lakukan dengan mengikuti saranya bekerja disini.

Selama dua bulan kami bekerja, kami berhasil mengumpulkan gaji dan oleh-oleh untuk keluarga di kampung, dan saatnya kami ingin pulang ke kampung pun Kapolres yang baik ini memberikan tambahan tali asih juga ongkos buat kami luar biasa Kapolres ini,”ungkap Yusup dengan kagum.

Di ruang kerjanya Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, SH, MH yang ditemui TKI mengatakan,"ini juga suatu bakti sosial, dimana kita harus peka dalam membantu warga yang kesusahan, bukan hanya masyarakat disini saja namun seluruh masyarakat di Indonesia ini selagi kita mampu untuk memberi lakukanlah.

Merekah yang sudah tertipu juga berharap ingin membahagiakan keluarga, dengan bekerja disini mereka bisa lebih terlindungi, kalau di negara asing, apakah mereka bisa menjamin keselamatan diri?. Itu tidak bisa dijamin kalau mereka bekerja di Indonesia ini mereka lebih bisa ditanggung jawab, saya sarankan bagi seluruh pekerja yang ingin ke luar negeri agar bisa melengkapi legalitas kerjanya, agar dinas tenaga kerja bisa bertanggung jawab kepada para TKI, namun kalau ilegal seperti ini akan mendapat kesusahan  maupun tak ada jaminan apa pun dari pihak penyalur,"pungkas Kapolres Batu Bara. (Nelson Srg)

Tidak ada komentar