Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Polres Sergai Ringkus Pengedar Uang Palsu

Serdang Bedagai | suaraburuhnasional.com -  Seorang pengedar uang palsu, Manson Siahaan  (42) diringkus personil satreskrim Polres Serdang B...




Serdang Bedagai | suaraburuhnasional.com -  Seorang pengedar uang palsu, Manson Siahaan  (42) diringkus personil satreskrim Polres Serdang Bedagai dari rumahnya di Dusun 1, Desa Sarang Ginting kahan,Kecamatan Bintang Bayu, Kabupaten Serdang Bedagai, Minggu (7/3/2021). 

Dari tersangka disita barang bukti uang palsu pecahan seratus ribu sebanyak 132 lembar, uang pecahan 50 ribu sebanyak 130 lembar,  uang pecahan seratus ribu belum selesai, 2 mesin printer, 1 buku tabungan asli dan 4 buku tabungan palsu dicetak dengan printer, 2 buah tas, cat printer, lem dan puluhan kertas. 

Kasat Reskrim Polres Serdang Bedagai, AKP Pandu Winata mengatakan, penangkapan berawal dari kecurigaan warga yang melihat tersangka sering membeli dengan menggunakan uang pecahan seratus rupiah. "Tersangka ditangkap atas peredaran uang palsu yang telah meresahkan warga," ucapnya, Selasa (9/3/2021). 

Dijelaskannya, penangkapan berawal kecurigaan seorang pemilik warung melihat tersangka membeli sembako dengan menggunakan uang palsu pecahan seratus ribu dan 50 ribu. Warga curiga melihat uang tersangka diduga palsu kemudian melaporkan ke polisi. "Tersangka mengaku dengan mencetak uang palsu sendiri dengan menggunakan kertas dan printer,"kata AKP Pandu. 

Masih kata dia, tersangka mengaku belajar mencetak uang palsu dengan menggunakan printer baru 1 bulan. Sebagian uang palsu sudah digunakan tersangka untuk membeli keperluan sehari-hari. "Dia (tersangka) mengaku baru 1 bulan mencetak uang palsu dan digunakan untuk membeli keperluan sehari-hari," bilangnya.




Selain itu tersangka yang juga berprofesi sebagai seorang pekerja las besi di Kecamatan Bintang Bayu,diduga atas kepemilikan 3 buah besi dibentuk menyerupai senjata api jenis pistol dan Laras panjang. "Di rumah tersangka ditemukan 3 besi menyerupai senpi jenis pistol revolver, jenis FN dan Laras panjang SS1. Pelaku juga merupakan tersangka kasus uang palsu," katanya, Selasa (9/3/2021). 

Menurutnya, sejak merakit senjata api dengan besi bekas dari Depok, tersangka mengaku belum ada yang sempurna. Sementara besi di rakitnya mirip senpi itu hanya untuk menakuti orang yang masuk ke kebun sawit miliknya. "Besi dirakit mirip senpi,hanya digunakan untuk menakuti orang yang masuk kelahan kebun sawit miliknya," ungkap AKP Pandu. 

Pengakuan tersangka, kata Kasat, sepulangnya bekerja sebagai tukang las di Depok, kemudian setelah pulang ke Serdang Bedagai, tersangka kembali merakit besi mirip senpi. Benda tersebut disimpan dalam kamar tersangka. "Tersangka merakit bentuk senpi dengan menggunakan besi bekas yang ada di bengkelnya," terangnya. (Hery)

No comments