Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Kadis Perindagsar Sergai : Sudah Diperintahkan Petugas Pasar Tertibkan Transaksi Sewa Menyewa Kios

Perbaungan | suaraburuhnasional.com - Permasalahan yang sudah cukup lama soal sewa-menyewa antara orang yang memegang Kartu Hak Sewa/pakai (...




Perbaungan | suaraburuhnasional.com - Permasalahan yang sudah cukup lama soal sewa-menyewa antara orang yang memegang Kartu Hak Sewa/pakai (KHS), dengan pihak lain. Padahal pengalihan hak sewa/pakai kios ke pihak lain merupakan pelanggaran atas perjanjian yang sudah disepakati. 

Tetapi karena masih banyaknya masyarakat  yang berkeinginan berjualan di lokasi pasar pemerintah tersebut, membuat orang yang memegang KHS secara leluasa mengalih dan menaikan harga sewanya dari tahun ke tahun kepada pedagang lain.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Perindagsar) Kab. Sergai H.Karno Siregar, SH, MAP saat dikonfirmasi awak media di Kantor Peridagsar, Desa Bengkel, Kecamatan Perbaungan,Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengatakan,"masalah ini juga sudah sampai ke saya, bahwasanya ada seolah-olah sewa-menyewa atau jual-beli kios di lapangan. Jadi dengan adanya saya dengar itu saya berupaya menertibkan ini kedepan dan sedang kami tertibkan,"jelasnya, Kamis (15/4/2021) sekitar pukul 11.10 WIB.

Selanjutnya Kadis Karno membantah,"pedagang yang memiliki KHS aktif melakukan transaksi sewa menyewa dengan pihak lain. Dalam hal ini seolah - olah pihak Dinas Peridagsar mendapatkan hasil transaksi tersebut. Padahal kami sama sekali mengetahui, ini hanya dilakukan oleh kedua belah pihak saja,"sanggah Kadis.

"Transaksi seperti ini jelas melanggar, namun kita juga tidak serta merta memberi sangsi, tapi sifatnya persuasif artinya memberikan kesadaran kepada pedagang itu sendiri. Dan saya telah peritahkan kepada petugas pasar di lapangan untuk menertibkan pedagang aktif melakukan pengalihan atau penyewaan ini terhadap kios yang dipakainya. Dan kita sudah temukan beberapa penyewa di tiap pasar yang ada di kecamatan-kecamatan,"ungkap Kadis.

Apabila orang yang memiliki KHS tersebut tidak lagi berjualan di kios tersebut, supaya dikembalikan ke Dinas Perindagsar atau pemilk KHS boleh juga berkeinginan mengalihkan ke pihak lain, dengan memberikan segala hak-hak sewa/pakai tersebut ke pihak yang diberikan. Dan ini juga harus diketahui pihak dinas. Karena dalam kartu hak sewa itu jelas yang isinya tidak dibolehkan dialihkan, disewakan, dipindah tangankan kepada pihak lain tanpa adanya persetujuan dari pihak dinas,"pungkas Kadis. (Hery)

No comments