Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


PT Toba Pulp Lestari dan Kelompok Tani Sidulang Lakukan Tanam Padi Perdana Pola Jajar Legowo

Toba ǀ suaraburuhnasional.com - Sebagai komitmen dalam mendukung perekonomian masyarakat di sekitar wilayah perusahaan, PT Toba Pulp Lestari...




Toba ǀ suaraburuhnasional.com - Sebagai komitmen dalam mendukung perekonomian masyarakat di sekitar wilayah perusahaan, PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) menjalankan program “Padi Emas” dan bekerja sama dengan kelompok tani di Desa Sidulang, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, untuk melaksanakan penanaman padi perdana, Jumat (16/04/21).

Penanaman yang dilakukan bersama masyarakat Desa Sidulang menerapkan sistem tanam  Jajar Legowo (Jarwo) dengan menggunakan bibit padi Varietas IR 32 serta pupuk kompos Mabar, pupuk Phonska plus, dan pupuk urea yang sebelumnya telah diberikan perusahaan kepada kelompok tani Sidulang untuk mendukung penanaman padi lebih berhasil.

Sistem tanam Jarwo merupakan cara tanam padi sawah dengan pola beberapa barisan tanaman yang diselingi satu barisan kosong. Cara tanam ini memiliki keunggulan yakni meningkatkan populasi tanaman per satuan luas, sehingga berpeluang meningkatkan produksi, mudah dalam pengelolaan tanaman seperti pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, kemudian memudahkan pergerakan petani di lapang karena adanya ruang kosong, dan estetika pertanaman menarik.

Maharuddin Pangaribuan selaku Kepala Desa Sidulang mengatakan bahwa sebelumnya, masyarakat hanya menggunakan sistem tanam asal-asalan tanpa tau cara menanam yang baik. “Kami berharap dengan dilakukannya pola tanam jarwo ini dapat meningkatkan hasil panen padi dan memberikan semangat baru kepada para petani lain di desa kami ini,” ujar Maharuddin.





Pangeran Marpaung selaku Humas PT TPL Sektor Habinsaran mengatakan bahwa perusahaan berkomitmen untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat disekitar operasional, salah satunya dengan menyalurkan bantuan berupa pemberian bibit padi unggul dan pendampingan petani dengan sistem jajar legowo.

“Dukungan yang diberikan PT TPL merupakan bukti dari kepedulian perusahaan terhadap perekonomian masyarakat sekitar dan kita berharap agar masyarakat mau untuk melanjutkan dan terus melakukan penanaman ini agar mendapatkan hasil yang baik. Perusahaan juga akan selalu mendukung dan membantu masyarakat untuk keberhasilan penanaman kedepannya,” ujar Pangeran. (Octa)

No comments