Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Bupati Sergai: Tunjukkan Gerakan Pramuka Sebagai Agen Pembangunan

Sei Rampah | suaraburuhnasional.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka ...




Sei Rampah | suaraburuhnasional.com - Bupati Serdang Bedagai (Sergai) sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sergai, Darma Wijaya menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sergai yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (30/04/2021).

Membuka sambutannya, Bupati menyampaikan jika kegiatan ini merupakan pengkaderan pergantian kepemimpinan. Ia melanjutkan agenda kegiatan ini adalah pertanggungjawaban hasil pekerjaan pengurus kwarcab Gerakan Pramuka Sergai pada periode 2015-2020, penyusunan rencana kerja periode 2021-2026, dan pemilihan ketua/pengurus periode 2021-2026.

“Inilah esensi yang bisa dipahami bersama. Kepada pengurus kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sergai periode 2015-2020 saya ucapkan terima kasih atas darma bakti dan pengabdiannya dalam upaya memajukan generasi muda Sergai. Diharapkan pertangggungjawabannya berjalan dengan baik. Rumusan rencana kerja 2021-2026 disusun berdasarkan kebutuhan masyarakat sesuai visi Pemkab Sergai. Serta pemilihan Ketua Kwarcab berjalan secara demokratis,” ujarnya.

Di kesempatan ini, Bupati juga menyampaikan jika sekarang Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19. Sehingga untuk itu, katanya, kehadiran pramuka sebagai agen pembangunan harus mampu menjunjukkan jati diririnya dengan berkontribusi positif terhadap situasi yang sedang melanda bangsa Indonesia.

“Setiap anggota pramuka berkewajiban berpartisipasi dalam penanggulangan dan pencegahan pandemi Covid-19. Hal itu masih selaras dengan tujuan gerakan pramuka. Untuk itu saat inilah diminta kepedulian anggota pramuka untuk mengambil peran yang positif agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Sebab seperti yang kita ketahui bersama, pandemi ini telah meluluhlantakkan berbagai sendi kehidupan kita,” ucapnya.

Masih lanjut Bupati salah satu yang terdampak pandemi itu adalah sistem pembelajaran di sekolah. Kini sudah lazim menggunakan sistem online atau daring (dalam jaringan). Ada baiknya dengan cara daring tetapi bagi siswa kelas rendah, akan sangat merepotkan ditambah lagi dengan berbagai keterbatasan yanga ada dalam rangka pemenuhan kebutuhan pembelajaran secara daring tersebut, mulai dari HP Android, kuota dan jaringan internet, serta kesiapan orang tua untuk membimbing anak-anaknya.

“Bahkan juga keterpurukan pada sektor ekonomi dan yang lebih parahnya lagi sudah banyak korban jiwa dikarenakan terinfeksi Covid-19, apalagi kondisi ini masih berkepanjangan. Kondisi yang parah seperti sekarang ini memerlukan kepedulian para kader pramuka. Marilah mengkampanyekan pola hidup sehat dengan menerapkan selalu protokol kesehatan. Hal ini mesti menjadi kebiasaan, apalagi masih ada sebagian dari masyarakat kita yang salah kaprah terhadap pandemi ini,” ingat Bupati.

Bupati juga menyampaikan perihal kebijakan pemerintah yang melarang dilaksanakannya mudik. Dirinya menyebut hal ini bukan berarti melarang masyarakat untuk bersilaturahmi, namun silaturahmi dengan sanak saudara untuk semetara tidak harus dilakukan dengan berpergian dan bertemu secara fisik karena kemajuan teknologi sudah dapat menanggulangi hal ini lewat komunikasi virtual.

Terakhir Bupati Sergai berharap kegiatan musyawarah cabang ini berjalan lancar serta para kader pramuka peduli terhadap penanggulangan dan pencegahan pandemi Covid-19. “Sesungguhnya apa yang sedang dilakukan pramuka Sergai ini adalah langkah untuk mendukung visi Pemkab Sergai sebagaimana yang tertuang dalam tema kegiatan ini yaitu “Dengan semangat kebersamaan gerakan pramuka, kita tingkatkan kualitas generasi muda Sergai yang mandiri, sejahtera dan religius,” pungkasnya.

Sementara itu dalam laporan Ketua Panitia, Asisten Administrasi Umum, Hj. Irwani Jamilah, SH, M.Si menyampaikan jika kegiatan ini adalah wadah yang bertujuan merencanakan dan bertujuan untuk membina pramuka menjadi tangguh dan mandiri untuk membentuk generasi pramuka yang bertanggung jawab. “Dengan semangat kebersamaan gerakan Pramuka, kita tingkatkan kreativitas generasi muda Sergai yang Maju Terus: “mandiri, sejahtera dan religius”,” ucapnya. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Sergai Adlin Umar Yusri Tambunan, S.T., M.S.P., sekaligus Wakamabicap, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, A.P.. M.A.P., dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara H. Nurdin Lubis, S.H., M.M. (Hery)

No comments