Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


PT TPL Miliki Turbin Uap yang Mampu Hasilkan Daya Listrik 30 MW

Toba ǀ suaraburuhnasional.com - PT Toba Pulp Lestari, Tbk memiliki turbin uap yang mampu memiliki menghasilkan daya listrik 30 MW untuk meme...




Toba ǀ suaraburuhnasional.com - PT Toba Pulp Lestari, Tbk memiliki turbin uap yang mampu memiliki menghasilkan daya listrik 30 MW untuk memenuhi kebutuhan listrik di kawasan perusahaan tersebut.

Mesin turbin uap listrik ini bekerja dengan energi Uap yang berasal dari 2 unit mesin boiller, yaitu Multifuel Boiller dengan kapasitas 180 ton/jam Steam dan Recovery Boiller yang memiliki kapasitas 165 ton/jam. 

Environment Manager PT Toba Pulp Lestari, Tbk Jekson Sinurat, menyampaikan bahwa mesin uap tersebut ini bekerja selama 24 jam penuh untuk dan menghasilkan daya listrik yang mengurangi beban pasokan listrik negara.

Begitu juga yang disampaikan oleh Power Site Section Head Toba Pulp, Gortap Silaban menambahkan, Boiller ini (ketel uap) milik Toba Pulp, adalah pembangkit listrik dengan tenaga uap. 

Cara kerjanya untuk memanaskan air sampai tekanan lebih kurang 65 kg/cm2 dan temperatur 450 derajat Celcius, dan kemudian disupply ke turbin uap untuk memproduksi tenaga listrik dan steam ekstraksi, untuk kebutuhan pemanasan pemasakan kayu di degester dan sebagainya. Daya listrik yang dihasilkan oleh mesin turbin ini 98,72 persen yang akan digunakan untuk menjalankan mesin yang berada di pabrik TPL. 

Sementara sisanya di gunakan untuk memasok listrik diperumahan karyawan TPL yang berada di komplek PT TPL Tbk ujar Gortap Silaban. Jumlah perumahan yang diketahui sebanyak 420 rumah karyawan dikomplek perumahan PT TPL yang berada di Kecamatan Parmaksian yang dibagi dalam tiga lokasi yakni, Town Site A, Town Site B dan Town Site C.  

Masing masing rumah ini mendapatkan pasokan listrik dari mesin turbin Sebesar 1.300 Watt. Penyaluran listrik ini dilakukan melalui 2 unit trafo dengan kapasitas 360 KVA.  Namun khusus untuk pemakaian diperumahan Town Site C pasokan listrik masih menggunakan listrik negara, dengan kapasitas 900 Watt untuk setiap rumah karyawan PT TPL. (Octa)

Tidak ada komentar