Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


TPL Tidak Taat Aturan Tentang Lingkungan

Toba ǀ suaraburuhnasional.com - Sejak Pembangunan Landfel pada Tahun 2016 telah dibangun bahkan sampai dengan selesainya tempat pembangunan ...




Toba ǀ suaraburuhnasional.com - Sejak Pembangunan Landfel pada Tahun 2016 telah dibangun bahkan sampai dengan selesainya tempat pembangunan limbah B3 Tempat Abu Limbah PT. TPL sekarang ini.

Tempat Landfel Limbah B3 yang berada di timbangan PT. Toba Pulp Lestari, Tbk tidak sesuai dengan kesepakatan pada waktu hasil Rapat bersama dengan Kementerian Gakkum/LHK dari pusat dan dihadiri juga oleh Dirjen PSLH, beserta pihak Dinas Lingkungan Hidup dari Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten Toba, dan juga dihadapan masyarakat yang keberatan pada waktu itu. 

Padahal waktu hasil rapat di kantor Balai Lingkungan Hidup di Kabupaten Toba, Balige. Kementerian Gakkum LHK beserta Dirjen PSLH pada tahun 2018 hadir dalam sengketa pencemaran lingkungan yang dibahas tentang pembangunan Landfel Limbah B3 milik perusahaan PT.Toba Pulp Lestari, Tbk.

Sesuai surat pengaduan pada tahun 2017 dan 2018 mewakili dari pihak  masyarakat Dusun Lumban Manurung, Desa Pangombusan, Kecamatan Parmaksian, Ketua LBH Pers Indonesia Kabupaten Toba, Octavianus Lumban Tobing, melontarkan surat dalam hal adanya pembangunan Limbah B3 yang berada di lokasi timbangan PT. Toba Pulp Lestari, Tbk pada tahun 2016 telah dibangun. 

Bahwa masyarakat yang berada di dua desa di daerah Dusun Lumban Manurung Desa Pangombusan dan Desa Tangga Batu I Sosorladang, Kecamatan Parmaksian, mengecam kepada perusahaan PT. TPL untuk memindahkan tempat lokasi penampungan limbah B3 yang berada ditimbangan PT. TPL.

Akan tetapi pihak dari yang mengeluarkan ijin tentang pembangunan Landfel Limbah B3 milik TPL dari pihak pemerintah telah mengeluarkan surat untuk pembangunan landfel tempat limbah B3 yang berdekatan dengan tempat pemukiman masyarakat setempat diseputaran lokasi timbangan TPL dengan jarak radius 30 - 50 meter dari lokasi tempat pemukiman warga masyarakat dusun Lumban Manurung, Desa Pangombusan Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba tetap juga diabaikan sampai sekarang ini.





Padahal Undang - Undang tentang pencemaran Lingkungan hidup telah tercantum dalam pasal 3 UU nomor : 32 tahun 2009, menyatakan, setiap untuk Supaya melindungi Wilayah NKRI dari pencemaran lingkungan hidup. 

Dan undang undang Pengendalian dan pemeliharaan Pengawasan dan penegak hukum Seperti pasal 1 ayat (2) UU nomor 32 tahun 2009, perusahaan milik pabrik PT Toba Pulp Lestari,Tbk Seperti acuh tak acuh dan tidak menjaga kelestarian lingkungan disekitar luar pabrik TPL saat ini.

Pada saat dihubungi melalui media wartawan suaraburuhnasional.com kepada pihak humas TPL hari ini Selasa (25/5/2021), sepertinya Pihak TPL memang bandel ataupun bersikap aktif dalam kedatang komunikasi dari awak media yang acuh tak acuh. Maka dari itu berita ini kami layangkan sesuai fakta di lapangan saat ini. (Octa)

Tidak ada komentar