Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Kementerian Gakkum LHK Wilayah Sumatera dan Pusat Sangat Kecewa Pada Perusahaan yang Nakal Tidak Taat dengan Peraturan

Toba | suaraburuhnasional.com - Kunjungan kerja Ketua Tim LBH Pers Indonesia selama dua hari ke kantor Kementerian Gakkum LHK Wilayah Sumate...




Toba | suaraburuhnasional.com - Kunjungan kerja Ketua Tim LBH Pers Indonesia selama dua hari ke kantor Kementerian Gakkum LHK Wilayah Sumatera,  Kamis - Jumat (3 - 4/6/2021) yang diterima dengan baik oleh pejabat Kementerian Gakkum LHK Wilayah Sumatera.

Dalam kunjungan kerja Tim ketua Investigasi LBH Pers Indonesia Sumatera Utara, Octavianus Lumban Tobing bersama anggotanya, dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Nasional dan sekaligus meninjau lokasi perusahaan PT KIM II Medan.

Tim Investigasi LBH Pers Indonesia Sumatera Utara tetap mendukung kegiatan program pemerintah dalam hal melindungi dan menjaga kelestarian lingkungan di sekitar areal perusahaan/pabrik sekitarnya.

Sesuai hasil kunjungan kerja kami dalam tahun 2021 ini, tim investigasi LBH Pers Indonesia Sumatera Utara akan selalu mengedepankan dan menjaga lingkungan dan kelestarian diseputaran loaksi areal pemukiman warga yang terdekat di daerah lokasi pabrik.

Dalam kunjungan kerja selama dua hari ke kantor Kementerian Gakkum LHK Wilayah Sumatera, kami disambut dengan baik oleh kepala balai kementerian Gakkum LHK Wilayah Sumatera, Edward Hutapea bersama anggota Stafnya di Medan.

Adapun kunjungan kerja kami selama dua hari yaitu dalam pembahasan hubungan kemitraan terhadap pemerintah dengan tim investigasi LBH Pers Indonesia di Sumatera Utara, untuk memberi masukkan dan kritikan mengenai tentang kepedulian lingkungan di seputaran lokasi diluar pabrik maupun di dalam pabrik yang berada di Provinsi Sumatera Utara.

Tim Investigasi LBH Pers Indonesia Sumatera Utara menyampaikan kepada Balai Kementerian Gakkum LHK Wilayah Sumatera bahwa sesuai data yang catatan kami dalam beberapa tahun ini, ada poin poin hasil peninjauan kami di lapangan terhadap beberapa perusahaan yang berada di Sumatera Utara yang tidak taat diaturan dan peraturan yang berlaku.

Disinilah seharusnya pihak pemerintah dan masyarakat bekerjasama dalam hal menjaga dan melindungi dari pencemaran lingkungan disekitar areal di luar lokasi pabrik. Sesuai data yang kami peroleh seperti perusahaan PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) inilah perusahaan yang selalu tidak taat diaturan dan peraturan tentang apa arti Lingkungan hidup sesuai nomor 32 tahun 2009, dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 12 tahun 1995 Tentang Pengelolaan Limbah B3 sekitar lokasi pabrik dan diluar pabrik, Peraturan Menteri LH nomor 39 tahun 2008 tentang penyimpanan Limbah B3 fase padat tersebut.





Seharusnya disinilah peran pemerintah dan masyarakat harus tetap menjaga dan melindungi apa arti Lingkungan hidup yang jauh dari pencemaran akibat pencemaran adanya  limbah B3 diluar pabrik dekat pemukiman warga setempat.

Setelah kami berbincang bincang dengan kepala balai Kementerian Gakkum LHK Wilayah Sumatera di ruang kerjanya, Edward Hutapea mengatakan, terimakasih atas masukkan dan kritikkan dari pihak tim Investigasi LBH PErs Indonesia Sumatera Utara. 

Segala penyampaian kepada kami akan segera kami turun dan memantau selalu kelokasi di beberapa titik perusahaan yang berada di Wilayah Sumatera Utara bagi siapa siapa perusahaan yang nakal tidak taat aturan yang ada, itu kami langsung berikan sangsi nantinya tersebut,”ujar Edward Hutapea.
 
Dan Kepala Balai Kementerian Gakkum LHK Wilayah Sumatera mengucapkan terimakasih kepada segenap Tim Investigasi LBH Pers Indonesia di Sumatera Utara yang telah bekerjasama dengan baik terhadap kami, mudah mudahan segala masukkan dan kritikkan yang kalian sampaikan kepada Balai Kementerian Gakkum LHK Wilayah Sumatera menjadi motivasi kami kedepannya dalam hal penanganan sesuai laporan dari tim Investigasi LBH Pers Indonesia Sumatera Utara,”pungkas Edward Hutapea. (Octa)

Tidak ada komentar