Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


Pihak BSP Tidak Membenarkan Ada Membuang Limbah ke Sungai

Nagan Raya | suaraburuhnasional.com - Dari informasi dihimpun media terkait dugaan aliran sungai Krueng Trang di Desa Babah Dua, Kecamatan T...




Nagan Raya | suaraburuhnasional.com - Dari informasi dihimpun media terkait dugaan aliran sungai Krueng Trang di Desa Babah Dua, Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya yang dua hari terakhir tercemar limbah.

Dan dikabarkan pula Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Nagan Raya pada Minggu (6/6/2021) sore telah menurunkan tim ke lokasi, yang meliputi Tim DLH yang turun Kabid Pengawasan Samsul Kamal dan Kabid Amdal Jufrizal serta turut disaksikan warga setempat maupun unsur manajemen sebuah pabrik kelapa sawit yang beroperasi tidak jauh dari lokasi tersebut.

Menanggapi persoalan itu, Humas PT BSP Syamsul Arifin, ketika dikonfirmasi langsung dilapangan sembari melakukan penegecekan kondisi kolam limbah tersebut mengaku tidak membenarkan ada pembuangan limbah tersebut. 

Menurutnya, pihaknya tidak membuang limbah dengan sengaja. Melainkan tingginya curahujan beberapa waktu belakngan ini mengakibatkan kolam penuh sehingga meluap. 

Selain itu, mengingat tingginya curahujan, pihaknya, melakukan pembersihan terhadap kolam. Samsul juga menegaskan, air luapan yang tumpah tersebut bukanlah limbah buangan pabrik, melainkan air tumpahan dari janjangan sisa pengolahan sawit. 

"Kami dari PKS  PT BSP sangat menjaga sekali aturan yang ada, terutama mengenai  Amdal yang sudah diatur Pemerintah dan kami sangat menjaga betul agar tidak ada masalah sekecil apapun, kecuali faktor alam," ujarnya. Senin (7/6/2021). 

Ditegaskanya pula, setelah menerim laporan dari kariawan, pihaknya langsung melakukan pengecekan langsung ke pinggir suangai, selain itu, juga dilakukan peninggian bendungan kolam air janjangan kosong. "Air tampungan hujan di janjangan yang tercampur tanah salah satu penyebab air menjadi berwarna hitam," jelasnya. (Dia)

Tidak ada komentar