Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

 


PT KIM II Medan Licik dan Telah Berbohong Pada Masyarakat, Kolam Limbah B3 KIM II Jadi Diobok - Obok

Medan | suaraburuhnasional.com - Menindak lanjuti tentang pelaporan pengaduan Tim investigasi pada Tahun 2019 mengenai tentang keberadaan te...




Medan | suaraburuhnasional.com - Menindak lanjuti tentang pelaporan pengaduan Tim investigasi pada Tahun 2019 mengenai tentang keberadaan tempat kolam Limbah B3 di Kawasan Industri Medan.

Pada tahun 2019 Ketua Tim Investigasi LBH Pers Indonesia Provinsi Sumatera Utara bersama Tim, turut hadir beserta masyarakat setempat di Kawasan Industri Medan, bersama dihadiri oleh Kementerian Gakkum LHK Provinsi Sumatera Utara dengan Adi Candra, dan turut serta juga hadir mewakili dari pihak perusahaan PT KIM II Medan yaitu, Mr David saat berada di lokasi tempat kolam limbah B3 di Kawasan Industri Medan di KIM II.

Tim investigasi LBH Pers Indonesia Sumatera Utara bersama timnya langsung meninjau lokasi tempat kolam limbah B3 yang berada di KIM II. Di saat kami mencek keberadaan tempat kolam Limbah B3 di KIM II, bahwa tempat kolam limbah B3 tersebut hanya bau limbahnya saja yang diperbaiki oleh PT KIM II Medan. Padahal sesuai surve data kami pada tahun 2019 dan juga saat ini bahwa kebenaran yang kami lihat dengan secara fakta di lapangan.

Tempat keberadaan kolam Limbah B3 (IPAL) milik KIM II seperti sejak pertama kali kami surve dari awal pada tahun 2019 dan tidak ada yang berubah sama sekali, hanya baunya saja sudah berkurang, dan lainnya masih belum sempurna sesuai yang kami perhatikan seksama di lokasi kolam limbah B3 tersebut.

Ketua tim investigasi LBH Pers Indonesia Sumatera Utara, Octavianus Lumban Tobing, mengecam bahwa PT KIM II Medan tetap tidak mengikuti aturan dan peraturan sesuai pedoman dan pengelolaan lingkungan setempat.

Ketika Ketua Tim Investigasi LBH Pers Indonesia menghubungi salah satu karyawan  pimpinan PT KIM II, ternyata telpon hp selulernya langsung diblokir saat kami  mengirim SMS melalui Wa tentang keberadaan tempat kolam limbah B3  (IPAL) di sekitar areal KIM II Medan.

Setelah kami mencek sesuai berdasarkan laporan pengaduan kami pada tahun 2019, ternyata kami mendengar penyampaian kepala balai Kementerian Gakkum lingkungan hidup/LHK di Provinsi Sumatera Utara, bahwa kami menyangkal pernyataan yang disampaikan oleh Kepala Balai Kementerian Gakkum LHK di Sumatera, tentang katanya PT KIM II Medan telah memperbaiki lokasi kolam limbah B3 tersebut.

Sesuai fakta dan data yang kami pegang saat ini bahwa PT KIM II Medan telah berspekulasi dan berbohong atas penyampaiannya kepada kementerian Gakkum LHK di Provinsi Sumatera Utara. Bila memang pernyataan PT KIM II Medan untuk ingin persentase dengan kepala balai Kementerian Gakkum LHK di Provinsi Sumatera Utara, hadirkan dari kami tim investigasi LBH Pers Indonesia Sumatera Utara agar kami bisa memberikan pernyataan kebenaran apa yang terjadi pada tempat keberadaan kolam limbah B3 (IPAL) di KIM II,”ujar Ketua Tim Investigasi LBH Pers Indonesia Sumatera Utara.
 
Kami punya catatan sesuai data dan fakta dilapangan yang kami temui mengenai soal kolam limbah B3 (IPAL) PT KIM II Medan. Setelah berbincang bincang dengan Kepala Balai Kementerian Gakkum LHK di kantornya, Edward Hutapea," menyampaikan kepada ketua tim investigasi LBH Pers Indonesia, agar supaya segera dibuat surat laporan pengaduan yang baru untuk akan ditindak lanjut berikutnya, ucap Kepala Balai Kementerian Gakkum LHK Provinsi Sumatera Utara.

Disaat ini tempat keberadaan kolam limbah B3 (IPAL) milik PT KIM II Medan, sudah kami laporkan kepada Kementerian Gakkum LHK di Provinsi Sumatera Utara dan juga Kementerian Gakkum LHK di pusat. Surat laporan pengaduan kami yang kedua ini tentang PT KIM II Medan telah diterima oleh Kementerian Gakkum LHK baik di Provinsi Sumatera Utara dan juga Kementerian Gakkum LHK di pusat.




  
Dalam hasil kunjungan kami di kantor Kementerian Gakkum LHK di Provinsi Sumatera Utara kemarin, Tim investigasi LBH Pers Indonesia Sumatera Utara disambut oleh Kepala Balai Kementerian Gakkum LHK melalui Pimpinan Edward Hutapea bersama anggota Staf Kementerian Gakkum LHK Provinsi Sumatera Utara.

Ketua tim jnvestigasi LBH Pers Indonesia Sumatera Utara juga menyampaikan kepada penegak hukum melalui Kementerian Gakkum LHK dan dipusat, bahwa oknum karyawan  Perusahaan PT KIM II medan, inisial Baringin Simanjuntak telah berspekulasi dan berbohong kepada masyarakat dan merugikan pihak pemerintah berbagai pelanggaran yang kami duga sangat kuat telah menutupi kebohongan atas laporan pengaduan kami pada tahun 2019 yang telah kami sampaikan kepada balai Kementerian Gakkum LHK di Provinsi Sumatera Utara dan di pusat.

UU nomor 32 tahun 2009 tentang pedoman dan pengelolaan lingkungan hidup yang telah dikeluarkan oleh pemerintah bahwa tempat keberadaan kolam limbah B3 KIM II diduga adanya spekulasi yang dikelola oleh PT KIM II medan tersebut.

Justru disinilah kami dari tim investigasi LBH Pers Indonesia Sumatera utara menyampaikan lanjut kepada pihak Balai lingkungan hidup di kementerian Gakkum LHK dan juga pihak Kementerian LHK di pusat beserta Dirjen PSLH agar pelaporan yang kami sampaikan mengenai surat kami ini diusut tuntas tentang Perusahaan Yang kami laporkan Saat ini dengan secepatnya,”ujar Ketua Tim investigasi LBH Pers Indonesia Sumatera Utara Octavianus Lumban Tobing. (Tim)

Tidak ada komentar