Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News

latest

Tergugat Menteri Tenaga Kerja RI Belum Juga Hadir di Sidang ke IV Gugatan Upah Minimum Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021

Medan | suaraburuhnasional.com – Tergugat dari pihak Menteri Tenaga Kerja RI masih juga belum bisa hadir di Persidangan Gugatan Upah Minimum...




Medan | suaraburuhnasional.com – Tergugat dari pihak Menteri Tenaga Kerja RI masih juga belum bisa hadir di Persidangan Gugatan Upah Minimum Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021 yang kembali digelar di ruangan Cakra VI Pengadilan Negeri Medan, Rabu (23/6/2021).

Di dalam persidangan yang sudah memasuki sidang ke IV masih memproses dari kehadiran para tergugat salah satunya dari Menteri Tenaga Kerja RI, dan secara jelas kewenangan dari Hakim Ketua Syafril P. Batubara, SH MH yang menyidangkan Perkara tetap bersikukuh menunda sidang dalam tempo satu bulan.

Walaupun dalam sidang tersebut telah mendapatkan interupsi dari Kuasa Hukum dari Aliansi GEBBER Sumut, Daniel Marbun SH yang menyampaikan agar kiranya sidang lanjutan dapat digelar dalam waktu 2 minggu dan tidak satu bulan lamanya.

Namun Hakim, tetap memutuskan sidang lanjutannya dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 21 Juli 2021 yang akan datang, dengan catatan bila mana tergugat tidak hadir juga, persidangan akan tetap dilanjutkan dengan Pokok Perkara.

Sementara itu Tim Hukum Aliansi GEBBER Sumut Daniel Marbun SH menyatakan, bahwa setelah Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengirimkan relas ke tergugat 3 yaitu Menteri Tenaga Kerja, namun Menaker ataupun kuasanya tidak juga hadir dalam persidangan gugatan UMK Kabupaten Deli Serdang, kita melihat Menaker terkesan sangat mengabaikan gugatan yang diajukan oleh Aliansi Gerakan Buruh (GEBBER).

Pemerintah dalam hal ini Menaker dan Gubsu, selalu cepat merespon jika kepentingan pengusaha, tetapi ketika kepentingan buruh terkesan sangat abai, buktinya ketika membuat kebijakan untuk tidak menaikan UMK Deli Serdang mereka sangat cepat, tetapi ketika diminta pertanggung jawabannya di muka hukum terkesan abai.
 
Oleh karena itu sekali lagi kami berharap selaku tim kuasa hukum, para turut tergugat aga bisa hadir dan mempertanggungjawabkan perbuatannya sehingga para buruh merasakan kepastian hukum. Tegas Daniel Marbun SH.

Sementara itu dari persidangan yang ke IV tersebut Muhammad Sahrum selaku Kordiantor Aliansi GEBBER Sumut menyampaikan harapannya, kiranya Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Medan ini mempunyai hati dan dapat untuk memikirkan nasib para buruh, mengingat sudah 4 bulan persidangannya hanya untuk menghadirkan para Tergugat yang kalau dilihat Persidangan pada tanggal 21 Juli 2021 yang akan datang jelas memasuki waktu 5 bulan yang hanya untuk mengahadirkan para tergugat dalam hal ini Menteri Tenaga Kerja RI padahal perbaikan alamat dari Kantor Menteri Tenaga Kerja RI sudah diperbaiki pada bulan yang lalu oleh Tim Hukum Aliansi GEBBER Sumut. 

Lanjut Sahrum, bagaimana pula dengan waktu yang nantinya untuk melanjutkan Persidangan Pokok Perkaranya akan berapa lama lagi waktunya. Muhammad Sahrum melanjutkan harapannya kepada Bupati Kabupaten Deli Serdang agar kiranya untuk masalah Upah Minimum di Kabupaten Deli Serdang dapat ditinjau kembali, mengingat H. Ashari Tambunan pernah melakukan Kenaikan Upah Minimum di Kabupaten Deli Serdang yang di Kabupaten - Kabupaten lain di seluruh Indonesia tidak naik.

Walaupun kenaikan upah minimum yang dinaikkan Bupati Deli Serdang tersebut digugat oleh APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Deli Serdang ke PTUN Medan, tetapi dikawal oleh Serikat Pekerja/Serikat Buruh dengan cara demo/unjuk rasa ke PTUN Medan hingga sampai keputusan menolak gugatan dari APINDO Deli Serdang dan upah yang dinaikkan Bupati Deli Serdang tetap berjalan.

Artinya kenaikan upah minimum yang dibuat oleh Bupati Deli Serdang itu merupakan kebanggaan untuk para Buruh di Kabupaten Deli Serdang, sehingga melalui Aliansi Pekerja Buruh Bersatu Kabupaten Deli Serdang memberikan sertifikat piagam penghargaan kepada Bupati Deli Serdang dan juga pada pemilihan Bupati Deli Serdang yang kedua (Pilkada), kami melalui DPC Konfederasi SPSI Kab. Deli Serdang bersama seluruh Federasi-Federasi Serikat Pekerja Anggota KSPSI mendukung dan mendeklarasikan dan serta memenangkan pasangan H. Ashari Tambunan dan Drs. H.M.A.Yusuf Siregar sebagai Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang Periode 2018 – 2023,”ungkap Sahrum.





Kembali dilanjutkan Sahrum, bahwasanya sebelum mengajukan gugatan di Pengadilan Negeri Medan terlebih dahulu sebenarnya kami dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh sudah menyampaikan Surat Permohonan Audensi Mohon Tatap Muka kepada Bupati Deli Serdang tetapi setelah sampai sekira dua bulan lamanya tidak ditanggapi, sehingga dengan terpaksa kami ajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Medan.

Sementara harapan dari kawan-kawan yang lain masalah Upah Minimum yang tidak naik di Tahun 2021 ini adalah melakukan aksi demo/unjuk rasa ke kantor Bupati Deli Serdang, tetapi kami memilih lebih baik melalui Gugatan ke Pengadilan Negeri Medan, karena mengingat juga situasi dari Pandemi Covid 19 yang melanda negeri kita ini. Ujar Sahrum.

Muhammad Sahrum Kordinator yang didampingi oleh Purwandi SH Sekretaris Kordinator Aliansi GEBBER Sumut dan Pimpinan SP/SB yang lain kembali berharap kiranya Ka. Dinas Tenaga Kerja Kab. Deli Serdang tersentuh untuk sedikit saja berpihak kepada para tenaga kerja di Kabupaten Deli Serdang sesuai dengan tupoksinya yaitu Dinas Tenaga Kerja.

Adapun pimpinan SP/SB yang tergabung didalam Aliansi GEBBER Sumut yang menghadiri Sidang ke IV tersebut yakni, DPW SPMI Sumatera Utara diwakili Sekretaris Toni Silalahi, Ketua FC.F.SP.RTMM-KSPSI Deli Serdang Kahartono, Ketua DPC.KIKES-SBSI Deli Serdang Hera Yunita Siregar SH, Ketua PC.F.SP.LEM-KSPSI Deli Serdang Isropi. ST, Ketua PC.F.SP.PP-KSPSI Deli Serdang Adi Syah Putra, Ketua DPP. KGB-Peta Indonesia Purwandi SH, dan Ketua PC.F.SP.KAHUT-KSPSI Deli Serdang Muhammad Sahrum. (Tim) 

Tidak ada komentar