Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News

latest

DPRD Medan Launching Inovasi Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik

Medan | suaraburuhnasional.com - Guna mendapatkan kemudahan stakeholder sekretariat DPRD Kota Medan untuk mengakses pelayanan publik yang tr...

Medan | suaraburuhnasional.com - Guna mendapatkan kemudahan stakeholder sekretariat DPRD Kota Medan untuk mengakses pelayanan publik yang transparan, mudah dan cepat. Sekretariat DPRD Medan melaunching sistem inovasi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik di gedung dewan, Rabu (30/6/2021).

Acara launching yang dirangkai saat acara peringatan hari jadi Kota Medan ke 431 di ruang rapat paripurna gedung DPRD Medan. Acara dihadiri Ketua DPRD Medan Hasyim SE didampingi Wakil Ketua Ihwan Ritonga, Rajudin Sagala dan HT Bahrumsyah serta pimpinan Fraksi, alat kelengkapan DPRD sejumlah anggota dewan dan Sekwan DPRD Medan Erisda Hutasoit. Juga hadir Wali Kota Medan M Bobby Afif Nasution, Wakil Wali Kota Aulia Rachman serta pimpinan OPD Pemko Medan.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Medan M Bobby Afif Nasution menyampaikan dengan adanya inovasi diharapkan semua kegiatan dilakukan tepat sasaran dan tepat target karena langsung dapat diketahui kebutuhan dari pengguna layanan.

Bobby juga menyampaikan apresiasi kepada sekretariat DPRD Medan yang melaunching inovasi sebanyak 24 ide dan gagasan inovasi. Bobby berpesan kepada sekretariat DPRD Medan agar inovasi yang telah berjalan wajib untuk dapat dikelola dengan baik dan didokumentasikan.

“Apabila ada tamu yang berkunjung atau benchmark dari daerah supaya dipresentasikan agar bisa dilakukan repleksi oleh daerah tersebut. Dokumentasi juga perlu untuk kebutuhan kompetisi inovasi. Saya berharap sekretariat DPRD Medan dapat mengikuti berbagai kompetisi inovasi baik Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) maupun Innovative Goverment Award (IGA). Keikutsertaan Kota Medan diberbagai kompetisi inovasi, selain untuk sekretariat juga untuk seluruh OPD hingga level Kelurahan,” tandas Bobby.

Sementara itu, Ketua DPRD Medan Hasyim SE mengatakan, menyambut baik kegiatan launching inovasi sebagai langkah konkrit sekretariat DPRD Medan dalam meningkatkan prlayanan kepada pimpinan dan anggota DPRD Medan.

Sedangkan pelaksanaan Inovasi diakomodasi dalam peraturan perundang undangan yaitu UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN mengenai inovasi manajemen ASN dan UU No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Inovasi daerah dapat mewujudkan inovasi tata kelola pemerintahan maupun inovasi pelayanan publik. Bagi sekretariat DPRD Medan, inovasi juga merupakan peluang untuk berkreativitas dan berkarya melahirkan ide dan gagasan dalam rangka menciptakan terobosan baru untuk mendukung peningkatan kinerja sekretariat.

Selain itu tuntutan perubahan harus peka dan tanggap terhadap perubahan tersebut dengan meningkatkan kapasitas SDM. Setiap elemen di sekretariat dewan harus mampu mengembangkan cara baru, ide baru serta mengubah mindset yang baru dengan berpedoman pada peningkatan efisiensi, perbaikan efektifitas, kualitas pelayanan, tidak ada konflik kepentingan, berorientasi pada kepentingan stakeholder, dilakukan secara terbuka, memenuhi unsur nilai kepatutan serta dapat dipertanggungjawabkan untuk kepentingan umum.

Hasyim juga menyampaikan terima kasih kepada LAN, melalui pusat inovasi manajemen pengembangan kompetensi ASN yang berkenan membantu dan melakukan pendamping menumbuhkembangkan inovasi birokrasi di sekretariat DPRD Medan dengan terus berikhtiar agar lebih baik di masa mendatang.

Inovasi yang telah dihasilkan diharapkan dapat memenuhi harapan stakeholder untuk mendapatkan pelayanan yang mudah dan cepat. “Jika semangat dan etos kerja bisa tetap dijaga, saya yakin sekretariat DPRD Medan akan mampu yang terbaik di Indonesia sehingga kepercayaan publik terhadap lembaga dewan semakin meningkat, ” ujar Hasyim.

Sebelumnya Sekretaris DPRD Medan Erisda Hutasoit SE menyampaikan laporannya, adapun tujuan dilaksanakannya launching inovasi sebagai sarana membentuk komitmen menjalankan inovasi yang sudah digagas dan dituangkan kontrak kerja.

Ditambahkan, gagasan inovasi berproses sekitar satu tahun yang diawali survey kepuasan atas layanan sekretariat DPRD Medan. Selanjutnya dilakukan untuk mendiaknosa permasalahan dan menjaring masukan dari anggota dewan yang dirumuskan menjadi ide dan gagasan. “Tahun ini ada 24 ide dan gagasan inovasi akan terus berkembang menjadi indikator kinerja utama rencana strategis mendukung misi Kota Medan yakni “Medan Bersih”.

Ditambahkan Erisda Hutasoit melalui Plh Kasubbag Perlengkapan sekretariat DPRD Medan, Syafruddin Lubis mengatakan, dengan diberlakukan nya inovasi di sekretariat DPRD Medan pihaknya telah melakukan berbagai terobosan. Kegiatan yang transparan yang mudah diakses dan akurat.

“Di gedung dewan juga kita persiapkan sarana ruang perpustakaa, ruang bermain anak bahkan ruangan ibu menyusui. Ke depan juga akan kita siapkan ruang promosi produk UMKM khas Medan dan pagelaran alat musik khas daerah,” terang Syafruddin. (PM)

Tidak ada komentar