Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News

latest

Pemkab - Baznas Kolaborasi Bedah 10 Rumah Warga Sergai

Teluk Mengkudu | suaraburuhnasional.com - Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, menghadiri peletakan bat...




Teluk Mengkudu | suaraburuhnasional.com - Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, menghadiri peletakan batu pertama bedah rumah yang dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sergai di Dusun II Desa Pematang Guntung Kecamatan Teluk Mengkudu, Kamis (15/7/2021).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan menyampaikan program bedah rumah ini terealisasikan berkat usaha pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sergai dan kontribusi para ASN Pemkab Sergai lewat pengelolaan dan penyaluran zakat-infaq.

“Untuk tahun ini ada 10 rumah yang akan dibedah. Apa yang diperoleh hari ini merupakan berkat kontribusi dan kerja nyata Baznas serta ASN Pemkab Sergai. Teruslah berbuat baik demi kemaslahatan umat khususnya warga Sergai,” jawabnya.

Adlin berharap, kedepannya program bedah rumah ini bisa terus berjalan dan jika memungkinkan jumlahnya semakin meningkat. “Kalau tahun ini 10 rumah, tahun depan semoga bisa semakin meningkat jadi 50 target rumah layak bedah. Lewat program yang dibuat oleh Baznas nantinya, kami yakin hal ini bisa terwujud. Misalnya dengan lebih giat menghimpun dana zakat dan sedekah, tidak hanya dari ASN Pemkab Sergai, namun juga dari masyarakat luas,” ucapnya.

Namun tak hanya perihal mengumpulkan, Wakil Bupati juga menekankan pentingnya pengelolaan keuangan yang baik agar dana yang ada dapat tersalur dapat menyentuh langsung masyarakat yang membutuhkan. Dirinya berharap, program bedah rumah ini dapat memperkecil kesenjangan sosial-ekonomi di bumi Sergai.

“Saya juga mengingatkan agar kiranya Baznas dapat benar-benar menyeleksi warga yang rumahnya jadi sasaran untuk dibedah. Bisa dilihat dari status pemilik dan kelayakan bangunan. Jangan sampai rumah yang masih layak atau pemilik rumah yang secara ekonomi mampu yang malah mendapatkan program ini,”ujarnya.

Terakhir di kesempatan ini Adlin Tambunan menyampaikan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan program 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan.

" Saya mengajak masyaraat untuk ikut menyukseskan program vaksinasi yang tengah dilaksanakan pemerintah. Jika Bapak Ibu belum di vaksin harap berkoordinasi dengan Kepala Desa dan Camat masing-masing. Tapi kalau sudah, jangan lupa ajak sanak keluarga untuk divaksin. Vaksin merupakan salah satu upaya bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di bumi Sergai," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Sergai Hasbul Husnain dalam laporannya menerangkan bahwa pada tahun ini pihaknya memogramkan ada 10 rumah warga tidak layak huni yang akan dibedah. Hingga kini sebut Hasbul, ada 3 rumah yang sudah terbangun dan sisanya perbaikan sebanyak 7 rumah akan segera terealisasikan.




“ Kerja ini merupakan ikhtiar kita bersama untuk kemaslahatan umat. Kami juga ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati serta ASN Pemkab Sergai atas kontribusi baiknya sehingga program ini bisa terlaksana. Kami yakin jika ulama dan umara bersatu, kemaslahatan ummat akan terjaga," tandasnya.

Rasa bahagia dan ucapan terima kasih disampaikan oleh salah satu warga Teluk Mengkudu, Nenek Salasiah, yang rumahnya mendapat bantuan bedah rumah dari Baznas.“Sebagai buruh tani, penghasilan kami tentu pas-pasan dan hanya cukup untuk makan. Syukur alhamdullilah akhirnya rumah kami diperbaiki. Kami tak perlu lagi khawatir saat hujan atau angin kencan datang,” ucap Salasiah.

Senada dengannya, Jumain yang juga jadi penerima bantuan ini pun mengungkapkan rasa syukur. “Di rumah seluas 60 m ini tinggal saya, istri dan empat anak saya. Rumah ini memang dibangun dari papan dan atap seng. Tapi karena dana kami terbatas, kami tidak bisa memugar papan yang lapuk dan seng yang berkarat dan bocor karena termakan usia. Alhamdullilah, sekarang setelah dibangun, kami sekeluarga bisa lebih tenang saat musim hujan tiba. Terima kasih Pak Bupati dan Pak Wabup, terima kasih juga untuk Baznas Sergai,” ucapnya sumringah.

Ikut hadir dalam kegiatan ini, Kadis Kominfo Drs. H. Akmal, A.P., M.Si, Kabag Kesra Raden Cici Sistiansyah, S.Sos, Camat Teluk Mengkudu Dra. Sri Rahayu, Kades Pematang Guntung Juni serta para tamu undangan lainnya. (Hery)

Tidak ada komentar