Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Breaking News

latest

Pimpinan OPD Jajaran Pemkab Palas Ikuti Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi

Palas | suaraburuhnasional.com – Seluruh pimpinan OPD sejajaran Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) ikuti Sosialisasi Pengendal...




Palas | suaraburuhnasional.com – Seluruh pimpinan OPD sejajaran Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) ikuti Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi Tahun Anggaran 2021. Adapun sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Ketua Saber Pungli, Kompol. JW. Sijabat dan Sekda Palas, Arpan Nasution. Senin (19/7/2021).

Pada kesempatann itu, Wakil Bupati Palas, Ahmad Zarnawi Pasaribu mengatakan, sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi Saber Pungli Sumut dan MAPI Pusat serta Vidcom dengan KPK yang dilaksanakan, pekan lalu.

Dikatakan, tujuan kegiatan itu untuk membangun komitmen bersama bagi seluruh jajaran aparatur pemerintah Pemkab Palas, agar bebas dari tindakan korupsi serta mendorong terwujudnya good goverment.

"Kita harus bersama-sama belajar agar semakin paham apa saja yang dapat diimplementasikan tindakan gratifikasi dan titik rawan apa saja yang akan menjererat tindak pidana korupsi,"tegasnya. Kata Wabup, melalui sosialisasi ini diharapkan dapat memberi pemahaman bagi seluruh aparat pemerintah sebagai landasan terwujudnya sistem pemerintahan bersih dari gratifikasi.

Ketua Saber Pungli, Kompol. JW. Sijabat selaku nara sumber mengatakan, gratifikasi merupakan akar dari korupsi, bentuknya sangat beragam, mulai dari uang, barang, pinjaman lunak, komisi, diskon, tiket perjalanan, wisata, dan sebagainya.

Kata Sijabat, terdapat dua kategori gratifikasi, yakni gratifikasi yang tidak wajib dilaporkan dan yang wajib dilaporkan. Ia menjelaskan, gratifikasi yang tidak wajib dilaporkan itu seperti kompensasi atau honor yang tidak melebihi standar yang sumber anggarannya berasal dari internal. Sebaliknya, lanjut dia, gratifikasi yang wajib lapor itu misalnya penerimaan hadiah yang terkait kedinasan atau kompensasi atau honor yang melebihi standar instansi penerima.

Di akhir sosialisasi, dilaksanakan penandatangan fakta integritas oleh Ketua Saber Pungli Kab. Palas, Kompol. JW. Sijabat, diikuti Wabup Zarnawi, Sekda Arpan Nasution, para pimpinan OPD, dan Camat se Kab. Palas. Selanjutnya Asisten I Pemerintahan H. Panguhum Nasution, Inspektur Kabupaten Harjusli Fahri Siregar serta seluruh Tim Saber Pungli Kab. Palas. (AMH)

Tidak ada komentar