- Advertisement -spot_img
BerandaSumutSat Sabhara Polres Palas Amankan Aksi Unras KORAL di Sosopan

Sat Sabhara Polres Palas Amankan Aksi Unras KORAL di Sosopan

- Advertisement -

 

Palas | suaraburuhnasional.com – Polres Kabupaten Padanglawas, dari Sat Sabhara yang dipimpin langsung Kasat Sabhara Polres Palas, AKP Muhammad Husni Yusuf SH, beserta anggota, siap dalam pengawalan unjuk rasa (unras) dari Koalisi Rakyat Untuk Aksi Lingkungan (KORAL) Kab. Padanglawas Kec Sosopan. Selasa (12/10/2021).

Sasaran tempat utama yang akan unjuk rasa, tepatnya di halaman kantor Kecamatan Sosopan, dan sebagai kordinator aksi Andrew C Hasibuan dan kordinator lapangan dan puluhan anggota aksi.

Adapun tuntutan dari Koral ini, menuntut mendesak Forum Muspika Kecamatan Sosopan segera menghentikan kegiatan penebangan kayu hutan di Desa Sianggunan, mendesak Pejabat Kesatuan Pengelola Hutan (PKH) segera mencabut konsesi Randi Pratama Kuswanto bilamana telah dikeluarkan, mendesak Randi Pratama Kuswanto dan CV Mutiara Batang Toru segera hengkang dari Padang Lawas, meminta PPNS Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup untuk memeriksa Desa selaku pihak turut memberi kuasa Pemegang Hak Atas Tanah (PHAT) atas nama Randi Pratama Kuswanto dan tidak bisa menunjukkan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (IUPHHK).

Selanjutnya, pihak unjuk rasa juga, meminta Polres Padang Lawas mengusut dugaan pidana dalam proses penebangan hutan kayu di Desa Sianggunan, termasuk Kepala Desa, karena sampai saat ini tidak bisa menunjukkan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (IUPHHK).

Meminta Polres Padang Lawas untuk memeriksa bila perlu menangkap Kepala Desa Sianggunan beserta jajarannya atas dugaan penyalahgunaan wewenang dalam kesepakatan dengan pihak CV Mutiara Batang Toru atau Randi Pratama Kuswanto.

Mendesak Bupati Padang Lawas, Dinas Lingkungan Hidup untuk bertindak dalam mengatasi masalah penebangan hutan kayu Sianggunan. Serta mendesak DPRD Padang Lawas dan Bupati Padang Lawas untuk segera meminta Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI mencabut izin bilamana ada konsesi yang dimiliki CV Mutiara Batang Toru dan Randi Pratama Kuswanto di Padang Lawas.

Mendesak Polres Padang Lawas dan Polri untuk segera menangkap dalang/ beking dibalik Randi Pratama Kuswanto atau CV Mutiara Batang Toru, sebagaimana adanya isu yang beredar bahwa ada oknum Kolonel yang mem back-up penebangan hutan kayu Sianggunan.

Selanjutnya pengunjuk rasa ditemui oleh Camat Sosopan H. Maralohot Harahap dan menyampaikan bahwa segala tuntutan para pengunjuk rasa akan disampaikan melalui surat kepada Pemerintah Kabupaten Padang Lawas pada hari Kamis, 14 Oktober 2021.

Selanjutnya pengunjuk rasa selesai pukul 13.15 Wib, dan langsung membubarkan diri, selama kegiatan aksi unjuk rasa tersebut, situasi pengamanan berlangsung aman dan kondunsif,”kata Kasat Sabhara AKP Muhammad Husni Yusuf SH, ketika dihubungi melalui selulernya, dari salah satu media online. (AMH)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here