BerandaSumutBupati Dairi Didampingi Ketua TP PKK Luncurkan Penerapan Aplikasi SIDASA

Bupati Dairi Didampingi Ketua TP PKK Luncurkan Penerapan Aplikasi SIDASA

- Advertisement -

 

Dairi | suaraburuhnasional.com – Bupati Dairi, Eddy KA Berutu didampingi Ketua TP PKK, Romy Mariani Simarmata pada peluncuran aplikasi Sistem Informasi Dasawisma (SIDASA) di gedung Balai Budaya Sidikalang, Selasa (30/11/2021). Peluncuran aplikasi SIDASA ditandai pemukulan gong oleh Bupati Eddy KA Berutu.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi, Romy Mariani Simarmata menyampaikan, pada saat pandemi Corona Virus Disiase 2019 (Covid-19) saat ini, Tim Penggerak PKK mulai dari pusat, provinsi dan daerah melakukan repitalisasi data Dasawisma guna mencapai ketahanan keluarga.

Romy menyampaikan, peluncuran aplikasi SIDASA untuk mempermudah pendataan anggota keluarga, untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga. Romy Mariani Eddy Berutu mengatakan, salah satu revitalisasi tentang tertib administrasi. TP PKK Dairi mengeluarkan aplikasi SIDASA, sehingga nantinya pendataan sudah dilakukan berbasis eletronik.

Dasawisma beranggotakan 10-20 kepala keluarga (KK) dalam satu dusun. Data berbasis eletronik ini memudahkan menjalankan program Dasawisma. “Dengan adanya data berbasis eletronik, memudahkan menjalankan program- program strategis untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga,”kata Romy.

Romy menyebutkan, Desa Bangun Kecamatan Parbuluan, merupakan desa binaan TP PKK Dairi, yang terdiri dari 3 dusun dan 28 Dasawisma, harus tertib administrasi dengan cara berbasis eletronik.

Menurutnya, Ketua Dasawisma selama ini, melakukan pendataan secara manual ke rumah- rumah. Adanya aplikasi SIDASA, data bisa diperbaharui/ update. Data berbasis eletronik nantinya, juga bisa digunakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), karena penggunaan SIDASA bekerja sama dengan Kominfo Dairi dan terintegrasi dengan beberapa OPD.

Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu mengapresiasi terobosan dilakukan TP PKK Dairi, meluncurkan aplikasi SIDASA Dairi ini. Penggunaan aplikasi ini, untuk mempermudah mengetahui kondisi anggota dan potensi lainya.

Menurut Eddy, data berbasis elektronik sangat penting, sehingga penempatan program sesuai potensi, katanya. SIDASA jadi alat bantu bagi desa mendata dasawisma dimasyarakat serta kondisi warga kita dari waktu ke waktu ditingkat desa dalam kabupaten. (Clara)

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
Stay Connected
16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan
Must Read
Related News
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here