Jumat, Desember 2, 2022

Kapolres Sergai Terima Audiensi Pimpinan Pondok Pesantren Darul Mukhlisin

 

Sergai | suaraburuhnasional.com – Kapolres Sergai AKBP Dr. Ali Machfud, SIK, MIK menerima kedatangan pimpinan Pondok Pesantren Darul Mukhlisin bersama pengurus pondok lainnya di ruang kerja Kapolres, Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Jumat (30/9/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kedatangan Pimpinan Pondok Pesantren Darul Mukhlisin,selain bersilaturahmi dengan Kapolres dan jajarannya, juga meminta petunjuk dan bimbingan kepada Kapolres sebagai pimpinan di kepolisian Kabupaten Sergai terkait dengan, jika adanya permasalahan hukum yang terjadi di lingkungan pondok pesantren (ponpes)

Pada kesempatan itu Kapolres Sergai, AKBP Dr. Ali Machfud, SIK, MIK, menyampaikan sangat bahagia dan berterimakasih karena dapat bertemu degan pendidik dalam bidang agama. “Management pondok pesantren harus terbuka dan modern dan didaftarkan ke Kemenag serta struktur yayasan yang jelas sehingga tidak ada pengelolaan yang seperti kerajaan (Hindari Abuse of Power) karena kekuasaaan yang besar dapat menimbulkan korupsi,”terang Kapolres.

“Kami minta agar pesantren dijaga benar, karena yang membuat kita terhormat dan baik itu perilaku dan tingkah laku kita sendiri dan jika ada permasalahan di pesantren itu adalah ulah oknum. Polisi hampir sama dengan pesantren yaitu sama – sama memiliki tanggung jawab moral individu dan kolektif, satu oknum yang berbuat semua terimbas. Jangan sampai kita mendapatkan sesuatu dari agama namun justru kita harus memberikan sesuatu kepada agama,”terang Kapolres lagi.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan sebagai pengajar / pendidik tidak cukup hanya mengerti ilmu,namun harus memiliki moral yang baik. Kiat terkait permasalahan hukum yaitu untuk menghindari dan menahan diri jangan sampai kita terlibat di dalamnya.

Polisi saat ini punya konsep hukum RJ, yang mana perkara diselesaikan di luar pengadilan, dan sepanjang permasalahan bisa di RJ maka akan kami lakukan terkecuali kasus pembunuhan, perkosaan (kecuali anak dengan anak).

Sebelumnya Pimpinan Ponpes Ustadz. H. Wasis Atmo Swito menyampaikan terimakasihnya karena sudah menerima kehadiran dari pengurus Ponpes Darul Mukhlisin, serta memberikan bimbingan dan arahan terkait pengelolaan masalah hukum di dalam Ponpes.

Pimpinan Ponpes juga mengenalkan tentang keberadaan Ponpes yang berlokasi di Dusun II Tanah Handil Desa Cempedak Lobang Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Sergai, dengan jumlah santri saat ini kurang lebih 350 orang.

Selanjutnya Pimpinan Ponpes mengatakan sistem di pesantren kami adalah sistem wakaf dan tidak ada dinasti, yang mana ada badan wakaf yang bertugas untuk menilai, melihat, merevisi dan mengangkat pengurus/pimpinan pondok pesantren serta Majelis pengasuh/ kiai

Pesantren kami modern dan tidak inklusif yang mana pengawas dari Kemenag setiap saat hadir untuk memberikan pengawasan dan pengarahan santri wajib boarding/ menginap namun ada beberapa santri yang makan diluar pondok pesantren dengan alasan biaya namun tetap menginap di lokasi pondok pesanten.

Harapan kami semoga bimbingan dan masukan ini dapat kami terapkan di pesantren kami.Kami juga menunggu kunjungan Kapolres Sergai dan jajaran ke Pesantren kami,ā€¯pungkas Wasis Atmo.

Turut hadir dalam kegiatan Audiensi Kasat Binmas Iptu R. Panjaitan SH, Kasi Humas Iptu Djunaidi Arman, KBO Sat Binmas, Ipda Pujian Tarigan, Kabid Pendidikan Ust. Zulkarnaen, Ust. Syawal Akmal, Ust. M. Khalid Paswari. (Her)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Stay Connected

0FansSuka
3,591PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles