Selasa, Februari 7, 2023

Diduga Manipulatif, Warga Minta Bupati Asahan Tinjau Ulang Perpanjangan Izin HGU PT. Bridgestone

 

Asahan | suaraburuhnasional.com – Sejumlah masyarakat sempadan perusahaan PT. Bridgestone Divisi IV Aek Tarum yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan meminta kepada Bupati Asahan agar meninjau ulang rekomendasi perpanjangan izin HGU (Hak Guna Usaha) PT. Bridgestone Divisi IV Aek Tarum.

Hal tersebut dikatakan oleh juru bicara Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan, K.Dolok Saribu. Kepada media ini ia mengatakan bahwa PT. Bridgestone Divisi Aek Tarum yang berdomisili didesa Perkebunan Aek Tarum, kecamatan Bandar Pulau, Asahan, diduga tidak melakukan tata kelola managemen yang baik sebagai mana mestinya yang diatur dalam undang-undang. Kuat dugaan dalam proses tahapan perpanjangan izin HGU yang akan berakhir di Tahun 2023, PT. Bridgestone telah melakukan manipulasi data terkait luas kebun masyarakat atau plasma.

Informasi beredar sebaran luas lahan plasma PT. Bridgestone Divisi IV Aek Tarum saat ini hanya lebih kurang 70 Ha dan sangat jauh dari tuntutan undang-undang yang mengharuskan perusahaan memiliki lahan plasma 20% dari total sebaran lahan HGU yang mana dalam hal ini luas lahan HGU PT. Bridgestone Divisi IV Aek Tarum mencapai 4000 Ha, bahkan bisa jadi lebih.

“Sebagai perusahaan pemegang izin HGU, Pada prinsipnya kehadiran perusahaan harus berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat sempadan perusahaan, namun pada praktiknya kita menilai PT. Bridgestone Divisi IV Aek Tarum tidak melakukan terapan-terapan tersebut sebagai mana yang diatur dalam undang-undang,”lanjut Dolok. Jumat (2/12/2022).

Kuat dugaan menurut Dolok Saribu PT. Bridgestone Divisi IV Aek Tarum telah melakukan manipulatif data luas lahan plasma untuk meloloskan perpanjangan izin HGU. Menelusuri dugaan manipulasi data tersebut dan untuk informasi yang berimbang serta kebutuhan informasi publik, media ini mengkonfirmasi pihak perusahaan PT. Bridgestone melalui pimpinan HRD Divisi IV Aek Tarum namun tanggapan pihak perusahaan PT. Bridgestone terkesan tidak transparan

Kepada media ini Rudi Lubis selaku pimpinan HRD PT. Bridgestone Divisi IV Aek Tarum ketika ditanya perihal lahan plasma serta sebaran luas HGU dan CSR yang dikelola perusahaan, ia mengatakan tidak bisa memberikan informasi tersebut. Rudi berkilah jika dia tidak diberi kewenangan untuk menjawab konfirmasi awak media.

“Maaf bang, memang konfirmasinya sudah tepat kebagian HRD yang saya bawahi, namun pimpinan diatas saya tidak memberikan izin kepada saya untuk memberikan informasi terkait izin HGU, CSR, dan plasma dari perusahan ini. Untuk lebih jelas silahkan rekan-rekan media konfirmasi langsung ke kantor pusat kami,”tutup Rudi saat ditemui di ruang kerjanya.

Menanggapi hal tersebut, Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan melalui juru bicaranya, Dolok Saribu meminta kepada Bupati Asahan agar meninjau ulang perpanjangan izin HGU PT. Bridgestone Divisi IV Aek Tarum karna dianggap tidak pro terhadap masyarakat khususnya masyarakat sempadan.

“Melalui media ini kami minta kepada Bupati Asahan dan dinas terkait agar meninjau dan mengkaji ulang perpanjangan izin HGU PT. Bridgestone, yang mana bila permintaan kami tidak ditanggapi dalam waktu dekat kami akan melakukan aksi ke kantor Bupati Asahan dan Dinas terkait,”pungkas Dolok. (Tim)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Stay Connected

0FansSuka
3,702PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles