Selasa, Februari 7, 2023

Plt Bupati Palas Resmikan Jalan 23 Km di Kecamatan Huragi

 

Palas | suaraburuhnasional.com – Plt Bupati Padang Lawas, drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt, MM M.Si meresmikan jalan sepanjang 23 KM. Peresmian ini dipusatkan di Desa Sungai Korang, Rabu (23/11/2022).

Jalan yang diresmikan ini dibangun PT. Sumatera Riang Lestari (PT. SRL) meliputi 5 Desa yakni Desa Huragi, Desa Sungai Korang, Desa Ujung Batu III, Desa Ujung Batu I dan Desa Ujung Batu IV tembus sampai Kecamatan Huristak. Sebagai penghormatan, jalan yang dibuka diberi nama Jalan Tongku Mahkota Hasibuan yang merupakan nama salah seorang Tokoh Masyarakat dari Kecamatan Hutaraja Tinggi.

General Manager PT SRL, Muller Tampubolon mengatakan, atas nama PT. SRL, mengapresiasi kerjasama dan dukungan masyarakat lima desa dan semua pihak sehingga pembangunan jalan sepanjang 23 kilometer dapat terlaksana.

Ia berharap, terbukanya akses jalan ini memberi dampak positif dalam meningkatkam perekonomian masyarakat khususnya untuk akses angkutan hasil pertanian dan perkebunan. PT. SRL juga berkomitmen akan terus menerus melakukan perawatan jalan agar akses masyarakat tetap lancar.

Disampaikan pula bahwa pada rencana awal jalan yang dibuka ini dijadwalkan selesai dalam kurun waktu 2 tahun kedepan, mengingat akses ini sangat urgen maka jalan sepanjang 23 KM dapat selesai dibangun dalam jangka waktu 4 bulan, terhitung awal pengerjaan pada Juni 2022 dan selesai November 2022.

Plt. Bupati Padang Lawas dalam sambutannya mengatakan akses jalan yang dibangun sebagai bentuk dukungan nyata dan kerjasama PT. SRL untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Padang Lawas. “Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Padang Lawas mengucapkan terima kasih atas terbangunnya jalan ini,”ucap Plt. Bupati.

Prasarana vital yang dibangun ini akan dimanfaatkan masyarakat banyak terutama dalam pengangkutan hasil pertanian dan perkebunan yang mana selama ini masyarakat melansir hasil panen dengan jarak sekian kilo namun sekarang jalannya berada di tengah tengah perkebunan.

Tentu ini menjadi berkah bagi masyarakat. Dengan kemudahan ini akan mendorong laju perekonomian dan aktivitas penunjang lainnya, yang harapannya akan meningkatkan kesejahteraan warga khususnya yang bermukim di lima desa dan sepanjang jalan 23 KM,”tambah Plt. Bupati.

Menurut Plt.Bupati, jalan sepanjang 23 KM, 1 jembatan panjang 30 M, 30 gorong gorong bila dikalkulasikan sesuai dengan harga satuan pokok Kabupaten Padang Lawas, biaya pembangunnnya akan menembus angka 100,25 Miliyar.

” Kalau dananya dari pemerintah daerah maka jalan ini belum tentu dapat terbangun, tetapi dengan kerjasama, Alhamdulillah dalam jangka waktu 4 bulan saja jalan lingkar ini dapat dibuka. Dengan terbukanya jalan ini, masyarakat patut berbahagia karena disamping memperlancar ekonomi masyarakat juga akan memangkas durasi tempuh perjalanan,”lanjutnya.

Dimasa yang akan datang, mungkin warga Huragi yang akan menuju ke medan dan kota kota lainnya atau sebaliknya tidak lagi melewati Sibuhuan, tetapi akan melewati jalan lingkar ini sampai Huristak. Perjalanan yang semula harus ditempuh dalam waktu 3 sampai 4 jam namun dengan kehadiran akses baru akan memangkas waktu tempuh perjalanan lebih cepat hanya menjadi kurang lebih 30 menit sampai 1 jam saja,”sambungnya.

Dengan adanya efisiensi waktu tempuh yang lebih cepat maka dampak cost yang dikeluarkan akan lebih murah. Untuk itu saya menghimbau agar masyarakat bersama sama dapat menjaga dan merawat jalan ini dengan baik agar kondisi jalan tetap bagus dan mantap,”tutup Plt. Bupati. (AMH)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Stay Connected

0FansSuka
3,702PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles