Jumat, Juli 12, 2024

Gelar Audiensi, Bupati Sergai Terima Kunjungan Kelompok Pendidikan dan Kebudayaan

 

Sei Rampah | suaraburuhnasional.com – Kegiatan audiensi masih rutin dilaksanakan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) H Adlin Tambunan untuk menerima aspirasi dari berbagai pihak. Tak terkecuali hari ini, Selasa (9/1/2024), bertempat di ruang kerjanya, di Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

Audiensi kali ini diikuti oleh beberapa kelompok dengan latar belakang pendidikan dan kebudayaan. Pada kesempatan pertama, Bupati Sergai menerima kehadiran 2 siswa asal SMA Negeri 1 Pantai Cermin yaitu Muhammad Rafil Pratama Artha dan Ardiansyah.

Didampingi guru dari SMA Negeri 1 Pantai Cermin, Romi Kurnaiwan, kehadiran kedua siswa ini bertujuan untuk menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sergai terutama kepada Bupati Darma Wijaya yang telah memberikan dukungan materil dan non-materil kepada kedua siswa yang menjadi delegasi Provinsi Sumatera Utara dalam kegiatan Forum Pelajar Indonesia XII Indonesia Student & Youth Forum (ISYF) di Jakarta.

Bupati Sergai menyampaikan selamat dan sukses atas lancarnya kegiatan yang diikuti oleh keduanya di Jakarta. Ia berharap apa yang sudah dijalani oleh mereka dapat menjadi pengalaman berharga kedepannya.

Pada audiensi ini, Darma Wijaya banyak menyampaikan keprihatinan sekaligus nasehat terkait pendidikan. Menurutnya orang tua dan sekolah punya tanggung jawab yang besar dalam menciptakan generasi muda yang baik. Pendidikan, baik di rumah maupun di lingkungan akademis, mesti benar-benar diperhatikan menurut Bupati.

“Banyak hal yang mesti ditanamkan kepada anak-anak generasi muda. Mulai dari pendidikan etika, disiplin, keinginan untuk terus belajar, dan yang tak kalah penting adalah mindset kemandirian,” ujarnya. Sebagai bentuk ungkapan terima kasih, pihak SMA Negeri 1 Pantai Cermin memberikan tanda mata berupa plakat kepada Bupati Sergai.

Selanjutnya pada audiensi kedua, Bupati Sergai menemui pihak Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Medan. Pada kesempatan ini pihak LP3I yang diwakili oleh Direktur LP3I Dr. Maulidina, SP, MM, menyampaikan jika kedatangan pihaknya untuk meminta kesedian Pemkab Sergai mensosialisasikan lembaga pendidikan yang ia pimpin kepada pelajar di Sergai. Selain itu pihaknya juga bermaksud menjalin kerja sama lebih lanjut terkait beasiswa dan program pendidikan lainnya.

Merespons hal tersebut, Darma Wijaya menyambut baik keinginan LP3I. Apalagi menurutnya LP3I merupakan pendidikan tinggi vokasi bagi mahasiswa yang desain kurikulumnya selaras dengan standard kompetensi dunia kerja dan industri.
Dirinya juga menyampaikan beberapa pandangan generasi muda terkait dunia kerja. Bupati melihat mayoritas peserta didik yang lulus dan kemudian memasuki dunia profesi, lebih berkeinginan mencari pekerjaan dibanding menciptakan lapangan kerja.

“Lulusan perguruan tinggi jelas akan lebih baik jika hadir membawa lapangan pekerjaan alih-alih mencari pekerjaan di zona nyaman. Mindest mandiri dan berwirausaha ini mesti lebih ditanamkan lagi,” tambahnya. Kemudian pada audiensi terakhir, Darma Wijaya menerima kehadiran Perkumpulan Keluarga Besar Putera Jawa Kelahiran Sumatera Pimpinan Daerah Kabupaten Serdang Bedagai (Pujakesuma PD Sergai).

Di sini Bupati menyampaikan kalau kehadiran Pujakesuma harus lebih dirasakan dan dikenal oleh masyarakat, apalagi tujuan organisasi ini sangat penting. “Etnis Jawa di Kabupaten Sergai persentasenya sekitar 30 persen. Itu jumlah yang tidak sedikit. Namun meskipun begitu kita mesti terus menjaga supaya kearifan dan budaya Jawa jangan sampai tergerus. Ini agar anak-anak kita, cucu-cucu kita kedepannya tahu budayanya, salah satunya lewat Pujakesuma,” kata Bupati.

Dirinya juga berharap Pujakesuma di Sergai dapat berperan dalam menjaga kerukunan dan persatuan. Audiensi ini diikuti juga oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kahar Effendi, S.Sos, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs Zulfikar, Kadis Poraparbud Drs Akmal, AP, M.Si, Kabag Kesra Raden Cici Sistiyansah, S.Sos, dan para perwakilan masing-masing kelompok masyarakat yang beraudiensi. (Her)

spot_img

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles