Rabu, Juli 24, 2024

Airnav Indonesia Beri Pelatihan Pada Peserta Selama 5 Hari di Bandara FL Tobing Pinangsori

 

Tapteng | suaraburuhnasional.com – AirNav Indonesia gandeng Politeknik Penerbangan Medan lakukan pelatihan bagi masyarakat yang bertempat di Bandara Fl Tobing, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatra Utara, Sabtu (2/3/2024)

Kegiatan diklat ini diikuti 20 orang peserta selama 5 hari. Kegiatan kerjasama ini, bermaksud memberikan layanan dan pelatihan kepada warga masyarakat yang berada di lokasi Bandara Ferdinand Lumbantobing Kecamatan Pinangsori, di bidang pengelasan kelistrikan.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun SDM dan kepedulian terhadap pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar bandara. Dalam rangka mewujudkan salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di bidang pendidikan, tidak hanya itu ada beberapa pelayanan dan pelatihan seperti kelistrikan dan lain sebagainya tapi juga pemahaman kebangsaan juga pola aman kerja dengan penerapan K3.

Hal ini dijelasan oleh Irfa Damayanti Junior Manager TJSR Airnav Indonesia yang dijumpai wartawan usai Pelatihan, yang menyatakan bahwa pemahaman dan pengetahuan di bidang pengelasan kelistrikan ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi warga sekitar bandara dan memberi pemahaman bagi masyarakat bahwa AirNav juga peduli dengan lingkungan sekitar.

Ini merupakan Program dari Pemerintah yakni Pak Jokowi yang mana keberadaan AirNav sendiri juga diharapkan bisa memberi manfaat bagi masyarakat terutama di sekitar lingkungan Bandara. Masyarakat bisa mendapatkan keterampilan tambahan dengan harapan agar masyarakat sekitar bandara memiliki skill tambahan untuk memajukan perekonomian Sabtu sore (2/3/2024) di Bandara FL Tobing Pinangsori Tapteng.

Sementara itu, Albert Panjaitan Kanit Pelatihan Politeknik Penerbangan Medan yang juga narasumber dalam pelatihan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena program pelatihan ini langsung di biayai oleh AirNav sendiri lewat program CSR nya. Yang di mulai sejak 27 Februari hingga berakhir Sabtu 2 Maret 2024. Dengan sasaran agar di masyarakat sekitar bandara mampu membawa perubahan untuk lebih maju lagi, terutama bagi para peserta pelatihan, untuk dapat lebih berkarya diluaran.

Dirinya menjelaskan bahwa AirNav Indonesia sebagai lembaga satu-satunya yang memberikan layanan navigasi penerbangan di Indonesia, ikut peduli dengan masyarakat, salah satunya melakukan pelatihan pada masyarakat di bidang teknik pengelasan kelistrikan dan berbagai pembekalan ilmu lainnya.

Pelatihan ini berisi program pelatihan padat karya yang berguna bagi pengembangan masyarakat setempat agar dapat berperan langsung terhadap peningkatan kompetensi dan kemampuan kewirausahaan masyarakat kedepannya.

Sejumlah manfaat dari pelatihan ini seperti pemahaman teknik dasar pengelasan dengan mengunakan perangkat listrik dan kemampuan peserta untuk bisa menciptakan karya karya di bidang pengelasan yang nantinya mampu menopang dan membantu perekonomian masyarakat. Disini kita dapat melihat hasil dari bukti pelatihan yang di serap para peserta, seperti pembuatan bangku dari besi, pembuatan tempat jemuran, dan lainnya dan sangat bermanfaat sekali buat mereka.

Kepala Bandara Fl.tobing, Capt. Muh. Kurniawan yang diwakili Koordinator Tata Usaha UPBU Dr.Ferdinand Lumbantobing Jasmin Siahaan, menjelaskan sangat bersyukur dan berterima kasih sekali atas kehadiran Airnav dan Politeknik Penerbangan Medan ini di lokasi Bandara, dan mereka sangat menyambut positif kegiatan ini. Sebab pemilihan materi dan pelatihan-pelatihan ini mempertimbangkan kebutuhan masyarakat setempat, sehingga menghasilkan SDM yang berdaya guna. Pelatihan ini juga dapat membawa manfaat berkelanjutan.

Melalui program ini diharapkan perekonomian serta peluang pekerjaan di masyarakat setempat dapat meningkat dan dari program ini peserta diharapkan dapat memiliki jiwa kewirausahaan sehingga terciptanya kemandirian untuk membuka lapangan kerja jadi atas nama Bandara FL Tobing kami menyampaikan terimakasih pada Airnav juga Politeknik Penerbangan Medan, yang sudah bersedia hadir di tempat kami.

Vikki Putra, salah satu peserta pelatihan mengucapkan terima kasih nya pada Airnav dan juga Politeknik Penerbangan Medan atas program pelatihan yang di adakan di bandara tersebut. Kita sangat berterimakasih dengan kegiatan ini, dan kita berharap ini akan menjadi bekal untuk berkarya di lingkungan kita untuk lapangan kerja. (M. Tanjung)

spot_img

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles