Jumat, Juni 14, 2024

Plt Bimas Islam Dampingi Kemenag Cianjur Sosialisasikan SE Dirjen Bimas Islam

 

Jabar | suaraburuhnasional.com – Rian Fauzi Plt Kepala Seksi Bimas Islam mendampingi Kepala Kantor Kemenag Cianjur H.Ramlan Rustandi di acara kegiatan sosialisasi Surat Edaran Dirjen Bimas Islam nomor:4/DJ.lll/PW.00/05/2024 tentang pencegahan pemalsuan dokumen nikah dan pungutan liar dalam layanan KUA, pada momen tersebut Ramlan sekaligus melangsungkan pembinaan pada jajaran pegawai ASN dan non ASN dari empat KUA yakni KUA Bojongpicung, KUA Ciranjang, KUA Sukaluyu dan KUA Haurwangi.

Di acara kegiatan sosialisasi juga pembinaan yang berlangsung pada 10 Juli 2024 di aula bale nikah KUA Kecamatan Haurwangi, Kemenag Ramlan menyampaikan beberapa hal penting yang perlu dipahami serta diimplementasikan oleh jajaran KUA. Usai Kemenag Ramlan menyampaikan sosialisasi dan pembinaan, Rian Fauzi turut menyampaikan beberapa materi juga pengalaman yang tak kalah penting bagi jajaran KUA dalam melaksanakan tugas.

Rian juga memaparkan perihal yang dimaksud pada surat edaran dirjen bimas Islam tersebut yakni, tidak melakukan pungutan liar atau pungutan di luar ketentuan dalam bentuk apapun dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat, tidak melakukan candaan dan arahan serta menggiring opini masyarakat untuk memberikan hadiah atau imbalan tanda terima kasih kepada petugas KUA, agar memberikan pelayanan dengan tatakrama yang baik dengan penuh kesantunan dan tidak mempersulit layanan sepanjang telah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kepala KUA wajib melakukan pengendalian proses pencatatan nikah dengan melakukan pengawasan, pemeriksaan, memastikan kelengkapan dan kebenaran dokumen persyaratan nikah sebelum menginfut kedalam Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah), dan untuk mencegah pemalsuan dokumen nikah dan penginfutan data nikah yang tidak sesuai prosedur, Kepala KUA wajib melakukan pengendalian pelaksanaan tugas-tugas penghulu dan pelaksanaan serta tenaga bantu yang ada di KUA agar terbangun suasana kerja yang kondusif tertib dan penuh integritas.

Abdul Azis Kepala KUA Kec Ciranjang juga Asep Taufik Rahman Kepala KUA Kecamatan Sukaluyu pada suaraburuhnasional.com, mengaku bangga atas terlaksananya kegiatan sosialisasi SE Dirjen Bimas Islam dan pembinaan pada jajaran KUA, karena hal tersebut penting untuk dipahami dan diimplementasikan dalam melaksanakan tugas. (Kamal/Asep)

spot_img

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles