Jumat, Juni 14, 2024

Bertemu dengan Dirjen Tanaman Pangan RI, Eddy Berutu Bahas Dukungan Optimalisasi Lahan Sawah

 

Dairi | suaraburuhnasional.com – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melakukan audiensi ke Kantor Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Jakarta, Rabu (3/4/2024). Kehadiran Eddy Berutu disambut langsung oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia Suwandi dan Staf Khusus Kementerian Pertanian Hasil Sembiring.

Disampaikan Eddy Berutu, pertemuan ini sebagai upaya mendukung kedaulatan ketahanan pangan di Kabupaten Dairi, baik melalui intensifikasi pada lahan eksisting maupun perluasan areal tanam, khususnya sub sektor tanaman pangan komoditi padi sawah.

“Berdasarkan data diketahui luas areal persawahan di di Kabupaten Dairi mencapai 5.821 ha dengan tingkat produktivitas 5-6 ton/hektar, dengan indeks pertanaman (IP) 2. Namun pada lima tahun terakhir, 2962.5 hektar lahan tidak optimal akibat kerusakan jaringan irigasi, akses jalan, dan alsintan yang terbatas,” ucapnya. Sementara itu, kata Eddy Berutu, apabila dilakukan optimalisasi terhadap 2962.5 hektar lahan, maka dapat menyumbang produksi gabah sebesar 35.550 ton per tahun.

“Maka dari itu, dalam pertemuan ini kami mengajukan permohonan dukungan berupa rehabilitasi jaringan irigasi tersier sebanyak 80 paket, pembangunan jalan usaha tani sebanyak 90 paket, pemberian benih padi dan saprodi seluas 2.962,5 hektar, pompa air sebanyak 50 unit, dan handtractor sebanyak 90 unit,” tutur Eddy Berutu menjelaskan.

Eddy Berutu juga menjelaskan, pengajuan permohonan dukungan ke Kementerian Pertanian juga merupakan upaya mengatasi keterbatasan anggaran dalam penyediaan sarana dan prasarana pendukung lahan persawahan di Dairi. “Anggaran kita terbatas, tidak semua pembangunan di Dairi dapat dicover melalui APBD kita. Karena itu kita coba lakukan audiensi ke Kementerian, dengan harapan semua pembangunan yang kita butuhkan dapat terpenuhi dan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Eddy Berutu.

Dalam pertemuan tersebut, Eddy Berutu juga menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan Kementerian Pertanian guna mendukung optimalisasi pembangunan pertanian di Kabupaten Dairi. “Kami sangat berterimakasih, kita sudah pernah dibantu sebelumnya dalam penyediaan saprodi kepada para petani di Dairi, dan semoga akan tetap terjalin hubungan baik seperti ini kedepannya,” katanya. Turut mendampingi Kepala Dinas Pertanian Kpp Dairi Robot Manullang. (Cs)

spot_img

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles