Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Pj Bupati Palas Serahkan Alsintan Traktor Roda Empat Program Pompanisasi Dukung PAT dan Peningkatan Produksi Padi TA 2024

 

Palas | suaraburuhnasional.com – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas melalui Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas menyerahkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) traktor roda 4 (empat) ” Program Pompanisasi Untuk Mendukung Perluasan Areal Tanam (PAT) dan peningkatan produksi padi tahun anggaran. 2024. Di desa Sibual-Buali Kecamatan Ulu Barumun. Senin (6/7/2024).

Pj. Bupati Padang Lawas Dr. Edy Junaedi Harahap, S.STP., M.Si dalam arahannya menyampaikan bahwa pembangunan nasional dewasa ini di prioritaskan pada bidang perekonomian sehingga pemerintah selalu berusaha untuk menerapkan kebijaksanaan dalam peningkatan hasil produksi pertanian.

Berkaitan dengan hal tersebut Kabupaten Padang Lawas merupakan salah satu Kabupaten yang mempunyai areal pertanian yang cukup luas, dengan sumber daya alam yang masih sangat bisa digali dan dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan manusia khususnya untuk dalam daerah Kabupaten Padang Lawas.

Pada tahun 2023 Kabupaten Padang Lawas memiliki produksi padi sawah sebanyak 48.555,7 ton. Dengan tingkat produktifitasnya sebanyak 42,36 kwintal/ha. Jika dilihat dari luasan areal lahan persawahan yang ada di kabupaten padang lawas, dengan indeks pertanaman 1 sampai 2 indeks pertanaman pertahunnya, bisa menghasilkan produksi padi sawah mencapai 48.555,7 ton, tandasnya.

Maka apabila kita bisa meningkatkan indeks pertanaman menjadi 3 pertahunnya maka hasil yang akan diperoleh otomatis akan meningkat, dan tidak mustahil Kabupaten Padang Lawas yang pada masa lampau pernah mengukir sejarah menjadi kabupaten pensuplai beras ke kabupaten kota sekitarnya akan kembali meraih masa kejayaannya lagi dan menjadi lumbung pangan untuk kabupaten kota sekitarnya. Dan dengan memanfaatkan Alsintan diharapkan kegiatan usaha tani bisa lebih efektif dan efisien, tandasnya lagi.

Kemudian acara penyerahan alat dan mesin pertanian (Alsintan) traktor roda 4 (empat) merupakan salah satu upaya pemerintah pusat dalam rangka menjalankan program pompanisasi untuk mendukung perluasan areal tanam (Pat) dan peningkatan produksi padi tahun anggaran 2024 di seluruh wilayah di negara ini, khususnya untuk Kabupaten Padang Lawas.

Pada kesempatan ini, melalui kementerian pertanian republik indonesia, direktorat jenderal sarana dan prasarana, telah mengalokasikan anggaran dana yang bersumber dari APBN tahun 2024 berupa bantuan kepada para petani kita yang ada dikabupaten Padang Lawas, adapun bentuk dari bantuan tersebut berupa traktor roda empat sebanyak 10 (sepuluh) unit, dengan kelompok tani penerima yang telah diusulkan pada beberapa kecamatan berbeda di Kabupaten Padang Lawas. Dan Kabupaten Padang Lawas merupakan Kabupaten/kota yang menerima bantuan yang lebih banyak di Provinsi Sumatera Utara.

Dan ini merupakan buah hasil dari koordinasi dan konsultasi peningkatan sarana dan prasarana pertanian di Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara pada tanggal tanggal 22 April 2024 di Kantor Kementerian Pertanian RI, Jl. Harsono RM Dalam No.3 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jakarta, tambahanya.

Secara pribadi saya sangat mengharapkan agar kiranya acara ini, menjadi satu langkah awal berupa penyemangat bagi kita dalam mendukung program pompanisasi untuk mendukung perluasan areal tanam dan peningkatan produksi padi TA. 2024, karena secara langsung pelaksanaan kegiatan ini akan dapat meningkatkan indeks pertanaman yang berimbas kepada hasil produksi padi sawah bagi para petani di Kabupaten Padang Lawas, yang dimana hal ini juga nantinya akan berimbas dalam menbantu dan mesejahterakan masyarakat petani kita, sehingga apa yang menjadi visi misi Kabupaten Padang Lawas menjadikan Kabupaten Padang Lawas Bercahaya bisa terwujud, tutupnya.

Adapun nama kelompok tani penerima bantuan Alsintan berupa traktor roda 4 (empat) adalah, 1. Kelompok Tani Saroha Dengan Ketua Kelompok Salamat Harahap Dari Desa Tandihat Kecamatan Barumun Tengah, 2. Kelompok Tani Seroja Dengan Ketua Kelompok Aspin Goloman Dari Desa Siolip Kecamatan Barumun Baru, 3. Kelompok Tani Tani Sidabu Dabu Dengan Ketua Kelompok Sutan Bakti Hasibuan dari Desa Pasar Huristak Kecamatan Huristak, 4. Kelompok Tani Tani Sejahtera Dengan Ketua Kelompok Mahril Mudani Pasaribu Dari Desa Hapung Kecamatan Ulu Sosa, 5. Kelompok Tani Tani Jaya Bersama Dengan Ketua Kelompok Juhri Harahap dari Desa Hasahatan Jae Kecamatan Barumun Baru, 6. Kelompok Tani Jaloju Saroha Dengan Ketua Kelompok Imam Barani Daulay dari Desa Matondang Kecamatan Ulu Barumun, 7. Kelompok Tani Malaka Sepakat Dengan Ketua Kelompok Putra Halomoan Hasibuan dari Desa Pagaran Malaka Kecamatan Lubuk Barumun, 8. Kelompok Tani Satahi dengan Ketua Kelompok Solihin Hasibuan dari Desa Panarian Kecamatan Barumun Selatan, 9. Kelompok Tani Tani Manggis dengan Ketua Kelompok Hasan Muda Hasibuan dari Desa Sibual- Buali Kecamatan Ulu Barumun, 10. Kelompok Tani Rim Ni Tahi dengan Ketua Kelompok Paijo Antoni dari Desa Bulu Sonik Kecamatan Barumun. (AMH)

spot_img

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles