Rabu, Mei 22, 2024
spot_img

Penjabat Wali Kota Padangsidimpuan Ikuti Raker Komwil I Apeksi di Kota Pekanbaru

 

Pekanbaru | suaraburuhnasional.com – Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2024 resmi dibuka. Rangkaian kegiatan Raker yang dilaksanakan di Kota Pekanbaru ini sejak tanggal 1 hingga 5 Mei, dibuka oleh Wakil Rektor IPDN Suhajar Diantoro.

Pembukaan Raker Komwil I Apeksi ditandai dengan pemukulan kompang bersama Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam, dan Wakil Ketua III Komwil I Apeksi sekaligus Walikota Binjai Amir Hamzah.

Wakil Rektor IPDN, Suhajar Diantoro mengatakan pertumbuhan ekonomi terjadi di kota. Untuk itu, para walikota harus bisa menjadi pengayom baik masyarakat maupun swasta. “Kita mendorong walikota untuk menjadi pengayom, agar mengelola APBD dengan tata kelola yang baik benar. Sehingga dapat mendorong swasta bertumbuh untuk membangun negeri,” ujar Suhajar, Jumat (3/5/2024).

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi itu terjadi di dalam kota. Pertumbuhan sebuah kota juga akan berdampak pada kemajuan kabupaten sekitar. “Karena membangun kota ini akan berdampak pada kemajuan kabupaten-kabupaten lain. Karena itu, kami berharap kebijakan pemerintah pusat yang pro investasi, dengan memudahkan perizinan, hanya walikota lah yang melaksanakannya dengan baik,” Cakapnya.

Selanjutnya, Ketua Komwil I Bobby Nasution melalui sambutan tertulis yang dibacakan Wali Kota Binjai, H. Amir Hamzah selaku Wakil Ketua III Komwil I Apeksi. Diketahui juga, kegiatan dihadiri oleh 24 perwakilan walikota bersama delegasi anggota Komwil I Apeksi mengatakan bahwa “Kita memiliki tanggung jawab besar untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif, dan transparan demi kesejahteraan masyarakat”.

Dia mengajak peserta Raker merupaka wali kota yang tergabung dalam Komwil I Apeksi itu menjadikan rapat kerja ini sebagai momentum untuk merenung, berdiskusi, dan menyusun langkah-langkah strategis yang akan membawa kota yang dipimpin menuju arah yang lebih baik.

Untuk mewujudkan hal itu, Bobby Nasution menyampaikan tiga pesan. Pertama-tama, urainya, upaya untuk terus memajukan kota masing-masing memerlukan visi yang jelas dan komitmen yang kuat. “Visi yang jelas akan menjadi panduan bagi kita dalam menetapkan prioritas-prioritas pembangunan yang harus diutamakan, sedangkan komitmen yang kuat akan menjadi motor penggerak bagi kita untuk terus berusaha dan berinovasi dalam mewujudkan visi tersebut,” sebutnya .

Kedua, lanjutnya, mengutamakan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan. Dia menyebutkan masyarakat adalah subjek utama pembangunan dan partisipasi mereka sangatlah penting dalam menentukan keberhasilan sebuah program atau kebijakan pembangunan. Karena itu, tambahnya, mekanisme-mekanisme partisipasi publik yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat harus terus dikembangkan.

“Ketiga, kita harus terus mendorong inovasi dan kreativitas dalam pembangunan kota. Perubahan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks menuntut kita untuk terus berinovasi dalam menyusun solusi-solusi yang tepat dan efektif,” ucapnya seraya mendorong Wali Kota Komwil I Apeksi terbuka terhadap gagasan-gagasan baru, baik dari dalam maupun dari luar pemerintahan dan memberikan dukungan yang kuat bagi upaya inovasi yang dilakukan masyarakat.

Kegiatan belanjut pada Raker yang dipimpin oleh Wakil Ketua III Komwil I Apeksi Amir Hamzah, Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam, Sekda Solok Syaiful, Asisten I Tanjung Pinang Tamrin Dahlan, Asisten I Medan Muhammad Sofyan, dan diikuti oleh seluruh anggota Komwil I Apeksi. (P.Hrp)

spot_img

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles